detikhealth

Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan

Trauma Berumah Tangga Karena Orang Tua Selalu Kawin Cerai

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 06/12/2017 15:21 WIB
Trauma Berumah Tangga Karena Orang Tua Selalu Kawin CeraiTrauma berumah tangga karena orang tua sering kawin cerai/Foto: Thinkstock
Jakarta, Salam kenal Mbak, saya memiliki seorang ibu dan ayah yang sudah bercerai. Mama saya telah menikah lagi dan bercerai kembali. Saya jadi mengalami trauma untuk berumah tangga. Bagaimana ya Mbak cara menghilangkan trauma tersebut? Terimakasih Mbak.

B (Perempuan, 20 tahun)

Jawaban

Dear Mbak B,

Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, tidak jarang kita dapat menemui peristiwa-peristiwa yang rentan mengingatkan kita akan trauma yang dialami, termasuk kekhawatiran akan mengalami hal yang sama dengan orangtua. Jika masih ada trauma dan kita memaksakan diri untuk berumah tangga, memang akhirnya jadi memperbesar resiko kejadian tersebut akan berulang.

Menjalani hubungan merupakan kondisi yang dinamis. Kondisi yang dinamis berati kita akan menghadapi peristiwa-peristiwa yang dipenuhi segala emosi, baik itu emosi yang menyenangkan maupun tidak.

Jika orangtua Anda menjadi contoh pernikahan yang gagal, barangkali sudah saatnya Anda mencari contoh pernikahan yang juga bisa berbahagia meskipun memiliki banyak permasalahan. Coba cek di sekeliling Anda, siapa yang menurut Anda punya pernikahan yang bahagia, sempatkan untuk berbicara atau mencari tahu mengenai hubungan pasangan tersebut.

Sangat mungkin pasangan itu juga punya masalah besar dalam perkawinannya (tidak jarang masalahnya juga terkait dengan kepercayaan kepada pasangan, seperti perselingkuhan), namun yang perlu dicontoh adalah cara pasangan ini menyelesaikan dan melewati masalah tersebut.

Bagaimana kalau Anda membuat janji dengan psikolog klinis dewasa untuk membicarakan trauma Anda? Anda mungkin butuh lebih dari satu kali pertemuan untuk mengolah dan mengurangi trauma yang Anda rasakan. Jika Anda berhasil tuntaskan semua trauma sebelum memutuskan menikah, Anda punya kesempatan mendapatkan pernikahan yang membahagiakan dengan segala dinamikanya.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
https://pranikah.org/(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close