detikhealth

Risiko Kesehatan Dilihat dari Golongan Darah, Kamu yang Mana?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kamis, 07/12/2017 11:06 WIB
Risiko Kesehatan Dilihat dari Golongan Darah, Kamu yang Mana?Golongan darah mempengaruhi risiko kesehatan yang Anda miliki. Foto: thinkstock
Jakarta, Sejumlah penelitian mengungkap risiko kesehatan dari masing-masing golongan darah. Meskipun hal ini juga ditunjang dari gaya hidup seseorang, setidaknya hal ini bisa jadi bahan pertimbangan agar kamu memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

Dikutip detikHealth dari Huffington Post, ini dia penjelasan lebih lengkapnya. Tetap waspada dan jaga pola hidup ya!

1. Penyakit jantung

Faktanya menurut sebuah studi dari Harvard School of Public Health, orang dengan golongan darah A, B, atau AB memiliki risiko penyakit jantung koroner lebih tinggi daripada orang dengan golongan darah O.

Baca juga: Golongan Darah AB dan Keluhan Sering Pusing


2. Gangguan memori

Sebuah studi dari University of Vermont terhadap 30 ribu orang menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah AB 82 persen lebih rentan memiliki masalah ingatan yang menyebabkan demensia dibandingkan dengan tipe darah lainnya.

"Golongan darah telah dikaitkan dengan penyakit seperti stroke yang bersifat vaskular, jadi kami pikir mungkin masalah pembuluh darah ini berkontribusi pada masalah ingatan," kata Dr. Cushman, yang memimpin penelitian ini.

3. Sakit maag

Meskipun risiko terserang penyakit jantung koronernya rendah, golongan darah O lebih rentan terhadap pengembangan risiko maag dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Baca juga: Golongan Darah Ternyata Bisa Diubah


4. Pembekuan darah

Orang yang punya darah tipe A dan B mempunyai risiko sebesar 30 persen untuk mewarisi kondisi ini. Sementara, orang yang memiliki golongan darah O memiliki risiko pembekuan darah lebih rendah. Selain itu, golongan darah AB memiliki 20 persen risiko kondisi kesehatan ini, demikian ditulis Times of India.

5. Kanker lambung

Berdasarkan keterangan dari Gustaf Edgren, M.D., Ph.D., profesor epidemiologi di Karolinska Institute di Swedia, orang dengan golongan darah O relatif berisiko rendah terkena kanker lambung. Akan tetapi, golongan darah A memiliki kesempatan lebih besar terkena kanker lambung.

Baca juga: Ini Cara Menentukan Kepribadian dan Jodoh dari Golongan Darahnya

(ask/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close