detikhealth

Merokok Hanya Seminggu Sekali Tetap Bisa Timbulkan Penyakit

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Kamis, 07/12/2017 12:07 WIB
Merokok Hanya Seminggu Sekali Tetap Bisa Timbulkan PenyakitEfek buruk rokok bagi kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Merokok hanya sekali-kali tetap bisa menimbulkan penyakit lho. Foto: thinkstock
Jakarta, Efek buruk rokok bagi kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Pakar mengatakan merokok hanya sekali-kali tetap bisa menimbulkan penyakit lho.

Profesor David Currow dari Cancer Institute New South Wales, Australia, mengatakan mitos soal merokok hanya sekali-kali atau seminggu sekali tidak berbahaya sudah muncul sejak lama. Berkali-kali ia mengingatkan bahwa anggapan tersebut tidak benar.

Baca juga: Berhasil Berhenti Merokok, Apa Paru-paru Bisa Pulih 100 Persen?

"Tidak ada level aman dalam merokok. Dampak negatifnya akan tetap muncul meskipun Anda hanya merokok seminggu sekali," tutur Currow, dikutip dari ABC Australia.

Currow mengatakan munculnya istilah social smoker, perokok yang hanya merokok saat nongkrong bersama teman, membuat mitos ini semakin menyebar. Padahal bahan-bahan berbahaya pada rokok bisa bertahan hingga berbulan-bulan di dalam tubuh, meskipun merokok hanya seminggu sekali.

Currow menambahkan bahwa DNA yang ada di dalam sel yang terpapar bahan kimia dari rokok akan mengalami mutasi. Mutasi sel inilah yang berisiko berubah menjadi kanker di kemudian hari.

"Bisa saja Anda merokok lebih sedikit daripada teman Anda. Tapi mutasi DNA untuk menjadi kanker tidak pilih-pilih karena baik Anda dan teman Anda sama-sama mengisap bahan berbahaya dan karsinogen," urainya.

Hal senada juga dikatakan oleh Simon Chapman dari School of Public Health, University of Sydney. Merokok seminggu sekali memang dampaknya lebih rendah daripada yang merokok sebungkus per hari.

"Namun jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok sama sekali, kondisi kesehatan para social smoker lebih mendekati perokok rutin," ungkapnya.

Baca juga: Ingin Hilangkan Kebiasaan Merokok? Lari Saja!

(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit