detikhealth

Sosok 'Pahlawan' Ini Viral Karena Sediakan Pembalut Gratis di Bandara

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 07/12/2017 13:04 WIB
Sosok Pahlawan Ini Viral Karena Sediakan Pembalut Gratis di BandaraPesan beserta pembalut gratis yang ditinggalkan oleh seorang wanita di toilet bandara. (Foto: BBC)
Jakarta, Kebutuhan terhadap pembalut masih jarang dianggap sebagai kebutuhan dasar oleh karena itu aksesnya mungkin sulit di beberapa tempat. Seperti yang dialami oleh seorang wanita ketika berkunjung di area Bandara Calgary, Kanada.

Wanita yang identitasnya tidak diketahui tersebut bercerita bahwa ia harus membeli sebungkus pembalut di Bandara dengan harga sekitar Rp 160 ribu. Hal tersebut ia lakukan karena seluruh mesin penjual otomatis yang ada di area tidak berfungsi atau kehabisan stok.

Sang wanita lalu meninggalkan beberapa bungkus pembalut di toilet bandara beserta secarik kertas bertuliskan pesan yang mendorong orang lain untuk mengambil satu dan mengomentari harga pembalut yang terlalu mahal.

Baca juga: Ini Pentingnya Ada 'Toilet Ramah Menstruasi' di Sekolah

"Tidak ada mesin penjual pembalut yang berfungsi di area ini jadi saya terpaksa membelinya di Relay (salah satu toko di bandara -red) dengan harga 15 Dollar Kanada. Ini tidak bisa diterima! Silahkan ambil satu bila kamu membutuhkan," tulis sang wanita.

Pengunjung bandara lain memfoto pesan yang ditinggalkan oleh sang wanita dan mengunggahnya di media sosial Reddit. Ia menjadi viral dengan banyak orang menganggap sebagai pahlawan.

"Lady bro di toilet Bandara Calgary! Saya mengapresiasi kamu!" ujar seorang pengguna bernama Carlee Field.

"Sekitar 50 persen populasi membutuhkan pembalut ini dan dia sudah membantu membawa perubahan pada hari itu. Terima kasih. Dari wanita untuk wanita. Kamu hebat," lanjut Carlee seperti dikutip dari BBC, Kamis (7/12/2017).

Setelah unggahan tentang sang wanita viral, pihak Bandara Calgary memberi respons dengan menurunkan harga pembalut menjadi sekitar Rp 80 ribu. Selain itu seluruh mesin penjual otomatis juga diperbaiki sehingga bisa kembali beroperasi.

"Tim perawatan kami sudah memeriksa dan mengisi stok pembalut di seluruh mesin penjual di toilet bandara. Harga di toko juga sudah disesuaikan dan akan efektif sesegera mungkin," ujar juru bicara Bandara Calgary.

Baca juga: Unik! Siswa Ini Selalu Sedia Pembalut untuk Bantu Siswi yang Sedang Haid(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close