detikhealth

Lelah Berkepanjangan? Kenali Sindrom Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Kamis, 07/12/2017 19:33 WIB
Lelah Berkepanjangan? Kenali Sindrom Kelelahan dan Cara MengatasinyaTubuh sering kelelahan bisa saja kita terkena sindrom lelah kronis atau CFS (chronic fatigue syndrome). Foto: thinkstock
Jakarta, Apakah kamu sering merasa lelah yang berkepanjangan? Hati-hati lho, bisa jadi kamu terkena sindrom lelah kronis.

Beraktivitas setiap harinya terkadang membuat tubuh ini kelelahan. Namun kita harus hati-hati, bisa saja kita terkena sindrom lelah kronis atau CFS (chronic fatigue syndrome).

Dikutip dari express.co.uk CFS (chronic fatigue syndrome) atau encephalomyelitis myalgia merupakan kondisi rasa lemas dan lelah dalam jangka yang panjang.

Sindrom ini dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak, tapi lebih rentan pada wanita, rentang usia 20-40 tahun.

Di Inggris sendiri dinyatakan bahwa terdapat 250.000 orang yang terkena dampak sindrom ini. Nah untuk itu berikut ini solusi agar kamu terhindar dari sindrom lelah kronis.

Baca juga : Kamu Gampang Lelah? Mungkin Karena Kebiasaan-kebiasaan Ini

1. Olahraga teratur

Walaupun diikuti kontrovensi yang panjang, beberapa orang percaya bahwa ini adalah masalah psikologis. Sebuah penelitian dilakukan oleh Queen Mary University of London telah menyarankan bahwa olahraga teratur setiap hari dapat membantu meredakan gejala sindrom ini. Meskipun, ada yang memperingatkan bahwa olaharaga berlebihan dapat membuat kondisi mereka menjadi lebih buruk.

2. Hindari stres dan depresi berlebihan

Selain kelelahan, rasa tidak sehat biasanya adalah gejala utama lainnya, namun terdapat tanda lain seperti masalah tidur, nyeri otot atau sendi, sakit kepala dan tenggorokan. Selain itu, gejala seperti flu, detak jantung cepat atau tidak teratur, merasa pusing atau sakit, dan masalah berpikir, mengingat atau berkonsentrasi juga bisa menjadi indikator.

Penyebab sindrom ini belum diketahui, namun diperkirakan bisa disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri, masalah sistem kekebalan tubuh atau ketidakseimbangan hormon. Selain itu masalah trauma emosional juga bisa menjadi pemicu, dan masalah genetika.

Baca juga : Alasan Mengapa Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu


(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close