detikhealth

Imunisasi Difteri Serentak di 3 Provinsi, Ini Pesan IDAI

Widiya Wiyanti - detikHealth
Senin, 11/12/2017 08:12 WIB
Imunisasi Difteri Serentak di 3 Provinsi, Ini Pesan IDAIFoto: Fuad Hasyim
Jakarta, Mewabahnya penyakit difteri di berbagai wilayah di Indonesia sudah cukup mengkhawatirkan. Karenanya, hari ini akan dilaksanakan ORI (Outbreak Response Immunization) di tiga provinsi.

Akan dilaksanakan imunisasi difteri secara serentak di tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Tiga provinsi ini menjadi prioritas imunisasi difteri karena jumlah kepadatan penduduk sehingga diprediksi penularan penyakit tersebut lebih cepat.

Menanggapi hal ini, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Aman Bakti Pulungan, SpA menegaskan bahwa semua orang harus mendapatkan imunisasi ini.

"Kalau ORI semua harus dapat. Kita tidak melihat status," ujarnya ketika dihubungi detikHealth, Senin (11/12/2017).

Baca juga: Komentari KLB Difteri, IDAI: Galau Vaksin Bisa Buat Wabah Bangkit Lagi

Bukan hanya anak-anak, imunisasi difteri juga harus diberikan kepada orang dewasa. Menurut dr Aman, orang dewasa bisa menjadi carrier, yaitu seseorang yang tidak menunjukkan gejala atau memiliki penyakit aktif tetapi membawa organisme menular dan dapat menularkan kepada orang lain.

dr Aman sangat beraharap seluruh masyarakat mulai menyadari bahayanya penyebaran penyakit difteri ini dan segera mencari vaksin secepatnya.

"Kalau anak-anak yang belum divaksin, carilah tempat imunisasi yang sudah menyediakan. Bahaya untuk anak sendiri nantinya," imbau dr Aman.

Imunisasi Difteri Serentak di 3 Provinsi, Ini Pesan IDAIFoto: Fuad Hasyim


Baca juga: Hari Ini Imunisasi Difteri Serentak di Jakarta, Jabar dan Banten

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit