detikhealth

Saran Dokter Supaya Flu Tak Menjadi Komplikasi yang Mematikan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 11/12/2017 15:15 WIB
Saran Dokter Supaya Flu Tak Menjadi Komplikasi yang MematikanLakukan pencegahan agar flu tidak menjadi komplikasi yang mematikan/Foto: Thinkstock
Jakarta, Flu memang kerap dialami oleh setiap orang sehingga menjadi sesuatu yang dianggap wajar dan familiar dalam kehidupan seseorang. Tapi flu memiliki berbagai macam jenis mulai dari yang ringan hingga yang berat. Pada kondisi tertentu, tak jarang flu yang dapat menimbulkan komplikasi berbahaya seperti pneumonia. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan agar flu tidak sering terjadi dan menimbulkan komplikasi.

Diutarakan dokter spesialis paru, dr Rezki Tantular SpP, flu merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui percikan bersin atau batuk. Flu berubah menjadi pneumonia jika virus tersebut sudah menyerang jaringan paru-paru yang disebut parenkim.

"Flu bisa saja menjadi bersifat mematikan, ada 2 hal yang menyebabkan komplikasi flu menjadi berat: respon imun penderita (host) terhadap virus yang kurang baik dan virulensi dari virus itu sendiri," kata dr Rezki saat dihubungi detikHealth.

Baca juga: Meninggal Dunia Usai Didiagnosis Sakit Flu, Apa yang Terjadi dengan Wanita Ini?

Karena itu, sebelum terjadinya flu, bisa dicegah dengan pemberian vaksinasi dan peningkatan daya tahan tubuh, seperti makan makanan bergizi, istirahat cukup, dan olahraga teratur.

"Bila menjumpai penderita, untuk mencegah penularan dapat diberikan masker," terang ketua bidang humas PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) Pusat.

dr Rezki menambahkan, untuk mendeteksi secara pastinya dapat dilakukan dengan pemeriksaan kultur maupun dengan pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction).

"Dapat juga dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan seperti darah lengkap dan foto dada," tambah dr Rezki.

Baca juga: Gejala Awal Bisa Jadi Sama, Begini Membedakan Flu dengan Pneumonia(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit