detikhealth

4 Kebiasaan Keliru Saat Membersihkan Telinga

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 11/12/2017 17:15 WIB
4 Kebiasaan Keliru Saat Membersihkan TelingaMembersihkan terlalu sering merupakan kebiasaan keliru/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Telinga sebenarnya merupakan organ tubuh yang relatif tidak perlu perawatan karena memiliki mekanisme pembersihan sendiri. Sayangnya, kebanyakan orang justru melakukan hal sebaliknya. Contohnya saja, mengorek-ngorek kotoran telinga menggunakan cotton bud.

Walau mungkin tujuannya baik, namun perlakukan keliru yang kita lakukan pada telinga bisa berdampak serius pada indera pendengaran ini. Dikutip dari shape.com.sg, ini dia 4 kesalahan yang kerap dilakukan pada membersihkan telinga.

Baca juga: Ini Bahayanya Membersihkan Telinga Pakai Cotton Bud

1. Membersihkan telinga setiap hari

Kesalahan pertama yang mungkin Anda lakukan adalah membersihkan telinga setiap hari. Meskipun terdengar sangat solutif untuk membersihkan, hanya saja hal itu disebut tidak efisien dan akan mengganggu kesehatan Anda. Karenanya, Anda tidak perlu repot-repot membuang kotoran telinga setiap hari.

2. Memasukkan cotton bud terlalu dalam ke liang telinga

Masih banyak orang yang membersihkan telinga dengan cotton bud atau gulungan kapas yang dimasukkan ke dalam telinga. Tapi hati-hati, itu justru bisa memperburuk kesehatan telinga Anda. Alih-alih membersihkan kotoran di telinga, alat kecil ini mungkin malah mendorong kotoran telinga lebih dalam.

3. Memasukkan benda tajam

Seperti halnya kebiasaan mengupil, terkadang seseorang juga tak tahan untuk mengorek-ngorek telinganya dengan benda tajam. Bukan hanya kapas bertangkai, seringkali peniti atau jepitan rambut, dipakai untuk mengorek. Hentikan kebiasaan memasukkan benda tajam tersebut ke dalam telinga karena bisa merusak kulit saluran telinga dan menyebabkan infeksi.

4. Terlalu agresif

Jika Anda benar-benar harus menggunakan cotton bud saat membersihkan telinga, jangan mendorong kuncup cotton bud terlalu dalam. Lebih baik fokuskan pada tepi luar saluran telinga.

Baca juga: Ini yang Perlu Kamu Tahu Soal Kotoran Telinga(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close