detikhealth

Konsultasi+Seksologi

Artikel 18+

Mr P Bengkok ke Bawah, Normalkah?

Senin, 11/12/2017 18:15 WIB
Mr P Bengkok ke Bawah, Normalkah?Bentuk penis yang ereksi normal seperti apa? (Foto: thinkstock)
Halo Dokter, tolong rahasiakan nama saya. Saya baru menikah dan mau bertanya kondisi penis suami saya. Saat ereksi posisinya ke arah bawah, sementara saya googling bahwa kondisi normal penis pria yang ereksi adalah mendongak ke atas. Apakah kondisi suami saya normal Dok? Terima kasih atas jawabannya.

I (Perempuan, 26 tahun)

Jawaban

Pada umumnya ereksi Mr P agak tegak ke atas. Akan tetapi, posisi ini dipengaruhi oleh: proses penuaan (the aging process), semakin usia bertambah, Mr P akan lebih merunduk ke bawah; kelainan bawaan sejak lahir; kondisi kebugaran tubuh, bila kondisi fisik dan psikis tengah tidak nyaman, penis ereksinya tidak optimal, hingga akan merunduk ke bawah.

Karena Anda dan suami baru menikah, belum bisa diambil kesimpulan adanya kelainan atau gangguan ereksi pada penis suami Anda. Jelasnya, proses hubungan seksual pasangan pengantin baru memerlukan proses belajar dan masa adaptasi. Mudah-mudahan yang dialami oleh Mr P suami Anda adalah proses belajar dan adaptasi tersebut. Setelah proses tersebut dilampaui, penis suami akan ereksi keras, tegang dan menengadah ke atas.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit