detikhealth

Tips Agar Tetap Kering dan Hangat Saat Turun Hujan Deras

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 12/12/2017 15:29 WIB
Tips Agar Tetap Kering dan Hangat Saat Turun Hujan DerasFoto: thinkstock
Jakarta, Cuaca di Jakarta dan sekitarnya sedang tidak bersahabat akhir-akhir ini. Daya tahan tubuh mudah sekali 'tumbang' jika sering terjebak hujan deras sampai basah kuyup.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh adalah dengan selalu menghindari basah kehujanan. Dengan selalu tetap kering, badan tidak akan kedinginan sehingga sistem imun bisa bekerja lebih optimal.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips menjaga kondisi daya tahan tubuh.

Baca juga: Anies soal Banjir: Saya Bertanggung Jawab

1. Sedia payung
Payung atau jas hujan perlu dimasukkan ke dalam daftar perlengkapan wajib di musim hujan ini. Payung kecil relatif mudah dibawa-bawa, tetapi biasanya tidak cukup kuat saat turun hujan disertai angin kencang. Namun setidaknya, payung apapun bisa menjaga bagian atas tubuh terutama kepala, dari risiko basah kehujanan.

2. Bawa kaos kaki cadangan
Membawa sepatu cadangan, atau sandal untuk dipakai saat hujan, tentu akan sangat membantu. Namun terkadang ini cukup merepotkan. Jika tidak memungkinkan, setidaknya siapkan kaos kaki cadangan. Jika sepatu mulai basah, segera ganti kaos kaki sesampainya di tempat teduh. Ini sangat membantu menghangatkan bagian ekstremitas kaki yang sangat sensitif pada perubahan suhu.

3. Siapkan baju ganti
Sangat dianjurkan untuk menyiapkan satu set baju cadangan. Begitu pakaian basah oleh hujan, segera ganti semuanya dengan yang kering.

Baca juga: Manfaat Gula Merah, Bantu Menangkal Sakit Saat Cuaca Ekstrem

4. Manfaatkan kertas koran
Kertas koran bekas cukup berguna dalam cuaca seperti ini, yakni untuk membantu mengeringkan sepatu yang basah kehujanan. Caranya dengan menggulungnya hingga berbentuk bola, lalu dimasukkan ke sepatu yang basah. Mungkin tidak akan benar-benar kering, tapi teksturnya yang banyak berpori sangat membantu menyerap lembab.

5. Beras untuk keringkan gawai
Jika tersedia silica gel, manfaatkan untuk mengeringkan perangkat elektronik yang ikut kehujanan. Dalam kondisi darurat, beras bisa digunakan sebagai pengganti yang tidak kalah ampuh.

Baca juga: BNPB Sebut Hujan Ekstrem Kemarin Bukan yang Terparah di Jakarta

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Database Dokter Obat Penyakit