detikhealth

Konsultasi+Seksologi

Artikel 18+

Kondom Terbalik dan Risiko Kehamilan

Selasa, 12/12/2017 18:15 WIB
Kondom Terbalik dan Risiko KehamilanIlustrasi kondom/Foto: Thinkstock
Saya memakai kondom terbalik dan penis sempat dimasukan ke vagina istri saya tapi hanya beberapa detik. Kemudian saya keluarkan penis dari vagina istri karena istri merasakan kondomnya terbalik, lalu saya mencabut kondom kemudian membalikan kondom yang terbalik tersebut dan memasang kembali kondom tersebut pada posisi yang benar, lalu baru kami berhubungan intim. Apakah akan terjadi kehamilan?

Untuk cek kehamilan dengan testpack baru bisa dideteksi setelah 7-14 hari, sedangkan saya memakai kondom terbalik baru sekitar 4-5 hari yang lalu. Mungkinkah istri saya akan hamil?

P (Laki-laki, 47 tahun)

Jawaban

Walaupun saat kondom terbalik, sperma sudah keluar dari Mr P Anda, lalu Anda cabut Mr P dari vagina, Anda balikkan kondom dan pasang kembali, spermatozoa (sel jantan) segera 'mati' di udara luar. Spermatozoa hanya bisa 'hidup' dalam rongga vagina, paling lama 5 hari. Kehamilan akan terjadi bila spermatozoa berjumpa dengan sel telur (ovum) saat istri dalam periode subur. Dari uraian cerita Anda, dijamin tidak akan terjadi kehamilan.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/hrn)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit