detikhealth

Alasan Psikologis Mengapa Lebih Baik Tinggal Terpisah dari Mertua

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 13/12/2017 10:41 WIB
Alasan Psikologis Mengapa Lebih Baik Tinggal Terpisah dari MertuaFoto: 20detik
Jakarta, Setiap pasangan yang baru menikah tentu memiliki impian ideal soal bagaimana membangun kehidupan baru di tempat baru. Akan tetapi, terkadang ada saja hal-hal yang membuat impian tersebut jauh dari realita. Akhirnya, memilih tinggal satu rumah dengan mertua.

Meski ini adalah situasi yang paling banyak dihindari oleh pasutri muda. Namun, mau tidak mau, bagi pasangan dengan kondisi finansial yang belum cukup, ditambah mental yang belum matang alias masih ketergantungan orang tua terpaksa harus tinggal bersama.

Masalahnya, tidak semua pasangan mampu menyesuaikan diri dengan mertua. Karenanya, tak jarang menimbulkan konflik antara anak dengan orang tua ataupun antara menantu dengan mertua, sampai salah satu pasangan merasa tidak betah hidup bersama. Wajarkah itu?

"Wajar banget sih kalau kita nggak nyaman tinggal sama mertua kita. Karena kan namanya juga itu sebenarnya yang tadinya asing. Mungkin pacaran sama anaknya tapi nggak terlalu dekat dengan orang tuanya," kata psikolog klinis dewasa, Sri Juwita Kusumawardhani MPsi atau yang akrab disapa Wita dalam video Bincang Sehat.

Baca juga: Saran Psikolog untuk Ambil Hati Calon Mertua, Seperti Bobby ke Jokowi

Selain itu, ia katakan, banyak juga cerita 'horor' yang berkembang sejak dulu soal menantu yang tinggal di rumah bersama dengan mertua. Alhasil, legenda tersebut pun menjadi momok bagi para pasangan, terutama bagi pihak perempuan.

"Kita juga banyak dengar mitos-mitos kalau mertua itu galak, mertua itu nantinya nyinyir atau cerewet dan lain-lainnya. Itu juga bikin kita khawatir dan cemas untuk tinggal bersama mertua," kata pemilik akun Instagram @ladywitts.

Menurutnya, tinggal bersama orang yang belum pernah kenal sebelumnya pasti menemui banyak perbedaan, baik itu perbedaan budaya maupun perbedaan tradisi. Dan tentunya untuk beradaptasi dengan perbedaan-perbedaan itu tidak mudah.

"Makanya wajar banget kalau pengantin baru, apalagi harus tinggal sama mertua," pungkasnya.

Simak penuturan Wita selengkapnya di video berikut ini.




Baca juga: Manfaat Bulan Madu Bagi Pasangan yang Baru Menikah

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit