detikhealth

5 Bagian Tubuh yang Sebaiknya Tak Pernah Disentuh

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 13/12/2017 19:45 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya 1 dari 6 Next »
5 Bagian Tubuh yang Sebaiknya Tak Pernah Disentuh 1 Dalam sidang hari ini, Setya Novanto kerap menunduk dan menutupi wajahnya dengan tangan (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Selain banyak diam, terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto dalam sidang pertama hari ini juga sering tampak menutupi wajah dengan tangan. Kepalanya tertunduk, dan posisi duduknya cenderung membungkuk.

Kondisi ini mengesankan Novanto sedang kurang sehat, seperti pengakuannya kepada hakim. Sebelumnya, ia juga mengaku sedang mengalami diare hingga 20 kali dan belum diobati.

Baca juga: Novanto yang Terus Tutupi Wajah Saat Dakwaan Dibacakan

Posisi tangan Novanto yang kerap menyentuh dan menutupi wajah, bagaimanapun menyimpan risiko bagi kesehatan. Telapak tangan adalah bagian tubuh yang banyak bersentuhan dengan banyak benda, dan tentunya rentan menularkan kuman.

Baca juga: Jangan Sering-sering Sentuh Wajah Jika Ingin Hindari Flu

Virus flu misalnya, normalnya memang menular melalui droplet atau percikan dahak yang masuk pernapasan. Namun droplet yang menempel di benda sehari-hari seperti pegangan kursi, ponsel, dan gagang pintu, bisa berpindah ke telapak tangan lalu mudah tehirup saat tangan tersebut menyentuh wajah.

Baca juga: Foto: Novanto Tidur Saat Sidang Dakwaan

Selain itu, sering menyentuh wajah juga bikin kulit cenderung lebih berminyak dan ditumbuhi jerawat. Bahkan, tarikan yang tidak disadari lama-kelamaan bisa mengurangi elastisitas kulit dan mempercepat munculnya keriput.

Baca juga: Kebiasaan Pegang-pegang Muka Bikin Wajah 'Jelek'

Selain wajah, ada beberapa bagian tubuh yang sebaiknya selalu dijauhkan dari sentuhan tangan. Berikut ini sebagian di antaranya.


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit