detikhealth

Konsultasi+Seksologi

Artikel 18+

Seberapa Besar Pengaruh Sunat pada Hubungan Intim?

Kamis, 14/12/2017 18:17 WIB
Seberapa Besar Pengaruh Sunat pada Hubungan Intim?Foto: thinkstock
Apakah sunat pada pria penting Dok? Apakah jika belum disunat nantinya berpengaruh ke hubungan intim pada istri? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

A (Laki-laki)

Jawaban

Sunat (circumcision) pada pria dilakukan untuk mematuhi ketentuan religi, adat-istiadat dan kesehatan. Dalam rubrik ini hanya akan dibahas manfaat kesehatan sesuai dengan pertanyaan Anda.

Sunat bermanfaat untuk mencegah 'smegma' yang dihasilkan oleh kelenjar preputium yang terletak di bawah selaput kulit yang membungkus ujung penis. Smegma bisa menimbulkan bau tidak sedap dan infeksi penis yang dikenal sebagai Balanitis. Pada pria yang disunat akan terbebas dari smegma.

Pada pria yang disunat, ujung atau kepala penis (Glans penis) menjadi kurang sensitif dibandingkan dengan penis yang tidak disunat, hingga durasi mencapai orgasme lebih lama ketimbang penis yang tidak disunat. Dengan demikian, saat penetrasi penis ke dalam vagina istri, yang disertai gerakan rythmis maju-mundur, relatif bisa lebih lama sebelum mencapai orgasme.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit