detikhealth

Bisakah Perilaku Sadistis Dikenali dari Selera Makan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 15/12/2017 15:37 WIB
Bisakah Perilaku Sadistis Dikenali dari Selera Makan?Tersangka mutilasi di Karawang (Foto: lutfiana)
Jakarta, Dalam kesehariannya, M Kholil dikenal ramah oleh tetangganya di Karawang. Siapa sangka, ia tega membunuh dan memutilasi istrinya sendiri, Nindya.

Sadisnya lagi, sebagaian potongan tubuh Nindya dibakar hingga kondisinya mengenaskan. Sebagian lagi dibuang ke curug atau air terjun.

Kecenderungan berperilaku sadistis memang tidak selalu bisa diamati dari kebiasaan sehari-hari. Banyak pelaku kejahatan sadis yang sehari-hari berperilaku normal, atau bahkan tampak seperti orang baik-baik.

Namun sebuah penelitian pernah mengungkap, kecenderungan sadistis bisa dikenali dari beberapa perilaku sederhana. Penelitian yang dimuat di jurnal Appetite tersebut melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa.

Baca juga: Mutilasi Sales Cantik, Suami Terancam Hukuman Mati

Mula-mula, para peneliti menanyakan makanan dan pilihan rasa yang paling disukai para partisipan. Lalu, mereka melakukan serangkaian tes untuk melihat kecenderungan antisosial, termasuk sadisme dan psikopati.

"Hasilnya mengkonfirmasi hipotesis bahwa pilihan rasa pahit berkaitan positif dengan kepribadian jahat (malevolent), dengan kaitan paling kuat pada sadisme dan psikopati," tulis pada ilmuwan, dikutip dari Medicaldaily.

Walau sadisme sering dikaitkan dengan kejahatan seperti pembunuhan berseri, salah seorang peneliti Erin Buckels mengatakan bahwa yang dimaksud tidak selalu demikian. Perilaku sadistis, menurutnya lebih umum dari yang dibayangkan.

"Sadis dalam keseharian punya empati yang rendah, dan mereka memiliki motivasi terpendam untuk menyakiti orang lain," katanya.

Dalam penelitian tersebut, Buckels juga mengungkap bahwa orang-orang yang senang menyakiti serangga juga punya kecenderungan sadistis yang lebih besar.

Baca juga: Mutilasi Sales Cantik, Termasuk Perilaku Sadistis? Ini Kata Dokter

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit