detikhealth

Peluru Bersarang di Mata, Dikeluarkan Lewat Hidung

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 21/12/2017 18:26 WIB
Peluru Bersarang di Mata, Dikeluarkan Lewat HidungFoto: thinkstock
Jakarta, Insiden ini berlangsung di awal bulan Desember 2017 silam. Tanveer Ahmed Ansari tertembak di wajah saat menjadi korban perampokan. Waktu itu bisa saja nyawanya tak tertolong lagi.

Namun mukjizat terjadi sebab Tanveer masih selamat. Hanya saja peluru sang perampok bersarang di mata kirinya hingga membuat kelopak matanya membengkak. Tentu saja penglihatan Tanveer juga terganggu karenanya.

Sayangnya banyak dokter yang menolak membedah pria berusia 23 tahun ini karena besarnya risiko yang mereka hadapi. Hingga akhirnya ia bertemu dengan tim dokter dari JJ Hospital, Mumbai yang bersedia mengangkat peluru dari mata Tanveer.

"Ketika Mr Ansari datang kepada kami, penglihatan di mata kirinya sudah hilang dan ada pendarahan hebat disana. Dan untuk kasus peluru seperti ini, operasi seharusnya dilaksanakan secepatnya," tandas salah satu anggota tim dokter, Dr Shrinivas Chavan seperti dilaporkan Daily Mail.

Untungnya, lanjut Chavan, Tanveer mengalami penundaan proses kimiawi yang biasanya terjadi ketika peluru masuk ke dalam tubuh dan bisa merusak mata, sehingga tim dokter masih punya kesempatan untuk menyelamatkan mata Tanveer.

Baca juga: Peluru Bersarang di Otak Selama 82 Tahun Tanpa Terasa Sakit

Menariknya, mereka mengambil peluru di mata Tanveer tanpa membuat satu sayatan sekalipun di wajah pria ini.

Pertama-tama, mereka melakukan pemindaian dengan sinar X yang memperlihatkan letak peluru itu. Lantas mereka memutuskan metode apa yang akan dipergunakan untuk mengambil peluru tersebut.

Prosedur yang mereka pakai disebut sebagai 'endoskopi modifikasi', di mana peralatan operasi ditempelkan pada selang endoskopi yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk kemudian dilakukan prosedur operasi.

Dari situ tim dokter dapat menarik peluru yang 'nyangkut' di dalam mata Tanveer lalu mengeluarkannya lewat lubang hidung pasien.

Operasi ini pun dinyatakan berhasil meski tim dokter belum dapat memastikan apakah penglihatan pria asal Gorakhpur, India itu bisa dipulihkan. Kendati demikian, secara keseluruhan kondisi Tanveer sudah jauh lebih membaik pasca operasi tak biasa itu.

Baca juga: Astaga! Peluru Bersarang di Jantung Pria Ini Selama Dua Bulan

Tanveer bukanlah satu-satunya pasien yang pernah menjalani prosedur di mana tim dokter mengeluarkan benda asing dari tubuh lewat hidung. Namun di literatur medis manapun ada kemungkinan prosedur ini belum pernah dipergunakan untuk mengambil peluru yang bersarang di mata.(lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Database Dokter Obat Penyakit