detikhealth

Studi Ini Buktikan Stres Pun Bisa Sampai Kebawa Mimpi

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 22/12/2017 13:05 WIB
Studi Ini Buktikan Stres Pun Bisa Sampai Kebawa MimpiStres dapat terbawa sampai mimpi. (Foto: thinkstock)
Jakarta, Tidur seakan mampu menjadi satu-satunya pelipur lara setelah lelah bekerja seharian atau dilanda stres. Namun sebuah studi mematahkan harapan ini.

Dari hasil penelitian yang dilakukan Cardiff University terungkap, pengalaman atau hal-hal yang dapat memicu stres pada diri seseorang bisa saja terbawa hingga ke alam mimpi.

Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti melakukan dua percobaan: Pertama, mereka meminta 200 mahasiswa untuk mengingat isi mimpi yang sering mereka dapatkan. Kemudian mereka membandingkannya dengan keseharian si mahasiswa.

Pada percobaan kedua, 110 mahasiswa diminta untuk mengingat-ingat mimpi mereka selama tiga hari berturut-turut dan melaporkan kejadian signifikan yang terjadi dalam hidup si mahasiswa selama tiga hari tersebut.

Baca juga: Waspada! Ini 3 Gejala Stres yang Tersembunyi

Menarik, hasilnya menunjukkan mimpi yang bersifat emosional seringkali dikaitkan dengan kejadian traumatis atau stres yang dirasakan partisipan selama studi.

"Riset kami menunjukkan bahwa pengalaman sosial yang kuat dapat 'menempel' dengan kuat pula dalam pikiran kita, sehingga bila keseharian kita begitu 'menantang', ini akan terus mengikuti kita dalam bentuk mimpi," ungkap Netta Weinstein seperti dilaporkan Livescience.

Weinstein menambahkan, apa yang tergambar dalam mimpi tidak lantas sama persis dengan yang dialami di dunia nyata. "Namun kami menemukan, mimpi seperti terjatuh, diserang seseorang, dikurung atau berulang kali gagal ketika diminta melakukan sesuatu menunjukkan adanya frustrasi yang dirasakan di dunia nyata," lanjutnya.

Pengajar bidang psikologi lingkungan dan sosial itu menambahkan, yang pasti pengalaman buruk yang terjadi dalam keseharian seseorang akan berdampak pada turunnya kualitas tidur yang bersangkutan, atau setidaknya membuat seseorang susah tidur.

Baca juga: Dampak Kurang Tidur Sama Buruknya Seperti Efek Stres

Diamini dr Elly Ingkiriwang, SpKJ dari Psychiatric Clinic, Royal Progress International Hospital Jakarta, stres memang mempengaruhi pola tidur.

"Pola tidur kita dapat terganggu. Bisa di awal yaitu kita sulit untuk mulai tidur. Bisa juga di tengah tidur, artinya kita bisa mulai tidur tapi setelah tidur kita akan terbangun dan sulit untuk tertidur lagi," paparnya beberapa waktu lalu.

Untuk itu, dr Elly menyarankan agar stresnya dihilangkan terlebih dahulu jika ingin memperoleh tidur yang berkualitas, kendati mungkin ini tak mudah.(lll/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit