detikhealth

Konsultasi+Seksologi

Artikel 18+

Apa Tanda-tanda Perempuan Orgasme?

Jumat, 22/12/2017 18:30 WIB
Apa Tanda-tanda Perempuan Orgasme?Foto: ilustrasi/thinkstock
Dokter saya ingin bertanya. Sebenarnya apa tanda perempuan orgasme? Saya selalu menanyakan ke istri jawaban ia selalu belum orgasme. Saat saya pegang Miss V-nya sangat basah oleh lendir Dok. Mohon Jawabannya. Terima kasih.

A (Laki-laki)

Jawaban

Orgasme adalah puncak kenikmatan hubungan seksual, yang diawali oleh excitement (rangsangan sensual), plateau (menjelang orgasme), orgasme (puncak kenikmatan) dan resolution (akhir reaksi seksual berupa relaksasi).

Orgasme pada perempuan bisa diketahui dari ekspresi wajahnya, gerakan anggota tubuhnya dan organ vaginanya. Jelasnya, wajahnya akan meregang, bisa disertai suara mengerang, bahkan menjerit. Disusul kemudian gerakan tangan yang mendekap erat-erat pasangannya, bahkan menggigit bahu suaminya. Rongga vagina akan meregang lalu mengepit MrP.

Ms V yang sangat basah oleh lendir tanpa disertai ekspresi, penampilan fisik seperti tersebut di atas, masih diragukan apakah perempuan sudah mencapai orgasme. Masalahnya, Miss V yang basah dan berlendir (lubrikasi) sudah terjadi saat fase excitement ketika foreplay.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit