detikhealth

Menikah Bisa Kurangi Risiko Kematian pada Penyakit Jantung

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 28/12/2017 07:35 WIB
Menikah Bisa Kurangi Risiko Kematian pada Penyakit JantungFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Menikah ternyata memberikan manfaat yang luar biasa, bahkan bagi pasien penyakit jantung sekalipun. Hal ini terungkap dalam studi yang dilakukan Emory University, Atlanta baru-baru ini.

Penelitian dilakukan terhadap lebih dari 6.000 pasien berusia 50-70 tahun dalam kurun tahun 2003-2015 dari kelompok ras yang beragam dan mengidap beragam penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung dan serangan jantung.

Nyatanya pasien yang berstatus tidak menikah dalam studi, entah itu karena bercerai, menjanda/menduda, atau memang belum menikah berisiko lebih tinggi untuk meninggal karena sebab apapun dibanding pasien yang menikah.

Misalnya untuk pasien jantung yang bercerai atau berpisah dari pasangannya, memiliki risiko meninggal karena serangan jantung dan stroke hingga 41 persen lebih tinggi. Sedangkan bagi pasien duda atau janda, risikonya bisa dua kali lipat dari itu.

Bahkan setelah peneliti mempertimbangkan faktor risiko penyakit jantung lain seperti diabetes dan merokok, latar belakang sosioekonomi, usia, jenis kelamin dan perawatan yang didapatkan pasien selama berobat.

"Namun tidak menikah masih memperlihatkan risiko kematian yang lebih tinggi," tutur Dr Arshed Quyyumi seperti dilaporkan ABC News.

Baca juga: Benarkah Bercinta Bisa Bikin Gagal Jantung?

Hanya saja Quyyumi belum dapat menemukan penyebab pastinya. Hal ini kemudian dijawab oleh pakar lain yang tidak terlibat dalam studi ini, Dr Matthew Dupre dari Duke University.

"Ini menunjukkan pentingnya relasi sosial kita bagi kesehatan, sehingga bila terjadi gangguan seperti ketika mereka harus melalui perceraian atau ditinggal mati oleh pasangan ini nyatanya benar-benar bisa berdampak langsung dan lama bagi kesehatan kardiovaskular," katanya.

Studi sebelumnya juga mengatakan pasien jantung yang menikah di tengah pengobatan merasakan hasil yang lebih baik setelah menjalani operasi jantung.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Jantung Selalu Sehat

(lll/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit