detikhealth

Resolusi Diet Tahun Baru Bisa Begini Jika Dilakukan Sembarangan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Senin, 01/01/2018 08:42 WIB
Resolusi Diet Tahun Baru Bisa Begini Jika Dilakukan SembaranganFoto: Thinkstock
Jakarta, Berbagai resolusi telah dibuat kebanyakan orang untuk menghadapi tahun baru. Termasuk resolusi sehat, yang di dalamnya banyak memuat menurunkan berat badan.

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah diet. Nah tapi jangan sampai salah menerapkan diet. Alih-alih ingin berat badan turun, justru bisa menimbulkan penyakit.

Ditemui detikHealth, pakar pencernaan, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan bahwa seseorang yang tidak benar menerapkan pola diet bisa memaksa tubuh untuk bekerja lebih berat dari biasanya.

"Misal diet keto, kalau dia cuma mengonsumsi lemak-lemak saja liver akan bekerja lebih berat tentunya. Kemudian lemak itu tidak baik untuk tubuh kita, karena dari makanan-makanan gizi yang ada, lemak itu salah satu yang susah untuk dicerna. Jadi tetap prinsipnya diet seimbang, kalau nggak seimbang ya tetap akan berdampak pada tubuh karena memaksa tubuh untuk bekerja lebih berat untuk mencerna makanan tersebut," ujarnya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia baru-baru ini.

Baca juga: Deretan Seleb Dunia yang Paling Sukses Turunkan Berat Badan di 2017

dr Ari sangat menyarankan untuk memenuhi keseimbangan gizi meskipun saat menerapkan diet. Ketidakseimbangan asupan gizi saat menerapkan diet justru bisa berdampak fatal.

"Misalnya diet keto yang berlebihan, bisa saja kolesterolnya tinggi. Diet-diet ekstrem yang sampai nggak makan itu nanti juga magnya bisa kena. Kemudian dia tiba-tiba bisa malnutrisi, kekurangan zat besi itu juga nggak bagus, daya tahan tubuh akan turun," jelasnya.

Nah, nggak mau kan mengalami hal-hal mengerikan itu? Jadi jangan diet sembarangan ya, tetap utamakan asupan gizi seimbang. Semoga berhasil menurunkan berat badan di tahun 2018.




Baca juga: Diet Terasa Kurang Menantang? Alternatif Resolusi Sehat Ini Bisa Dicoba

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit