detikhealth

Tips Sehat Akhir Tahun

Liburan di Rumah? Begini Olahraga untuk Orang Mager Supaya Tetap Bugar

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 01/01/2018 14:27 WIB
Liburan di Rumah? Begini Olahraga untuk Orang Mager Supaya Tetap BugarFoto: thinsktock
Jakarta, Apa yang Anda lakukan selama libur akhir tahun? Bila tidak ke mana-mana atau tidak berlibur ke suatu tempat, pasti liburan Anda bakal terasa membosankan dan akhirnya bermalas-malasan di rumah.

Nah, agar liburan di rumah tak membosankan, tak ada salahnya Anda berolahraga. Memang kedengarannya kurang menarik, apalagi buat Anda yang mager alias malas gerak. Tapi tunggu dulu, ada olahraga yang bisa dilakukan buat Anda yang mager.

Menurut dr Michael Triangto SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga, mengatakan olahraga saat libur di rumah merupakan hal yang paling ideal karena peralatan yang dibutuhkan mudah ditemukan. Berbeda jika dalam perjalanan, tentu sangat sedikit bahkan tidak mungkin membawa peralatan berolahraga saat berlibur.

"Dengan demikian kita dapat mempergunakan treadmill ataupun sepeda statis ataupun peralatan-peralatan gym yang ada di rumah dan dapat terhindar dari permasalahan cuaca yang kurang baik ataupun gangguan keamanan," terang dr Michael yang berpraktik di Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta kepada detikHealth.

Baca juga: Ini Keuntungan Memaksimalkan Liburan dengan Berolahraga

Untuk mudahnya, lanjut dr Michael, dapat juga meningkatkan aktivitas fisik tubuh dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah. Misalnya, mencuci mobil sendiri, mengepel, dan menyapu.

"Jadi tidak harus berbentuk olahraga formal namun juga dalam bentuk aktivitas fisik. Nah, hal inilah yang tidak selalu diperhatikan atau lolos dari perhatian banyak orang," kata dr Michael.

"Mereka hanya mengatakan bahwa harus ada olahraga dalam bentuk suatu permainan yang mempunyai rule atau kita melakukan latihan fisik tapi aktivitas fisik juga penting buat kita. Jadi kita aktif bekerja di rumah, itu juga baik untuk meningkatkan kesehatan maupun kebugaran kita," sambungnya lagi.

dr Michael menambahkan, untuk olahraga di rumah diperlukan aturan tertentu juga, bukan berarti karena libur di rumah, aktivitas fisik boleh dilakukan dari pagi sampai malam. Ia menganjurkan untuk membuat program yang disesuaikan atau yang disebut FITT (Frequency, Intensity, Type and Time).

"Jadi frekuensinya adalah seminggu cukup 3 sampai 5 kali, kemudian intensity-nya itu seberapa berat kita lakukan, biasanya kita menggunakan dengan denyut jantung atau kita tentukan beratnya seberapa atau jauhnya kita melakukan, misal berjalan dan juga bisa tentukan time-nya yang kita butuhkan 30 menit maksimal 1 jam," pungkas dr Michael.

"Sedangkan type-nya adalah aerobic maupun anaerobic berupa bentuk latihan yang dapat dilakukan beban dengan menggunakan latihan-latihan dengan berat badan sendiri," imbuhnya.




Baca juga: Berbagai Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Liburan (hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit