detikhealth

Kebiasaan Tidur Seperti Ini Bisa Menandakan Adanya Masalah Kesehatan

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Rabu, 03/01/2018 10:05 WIB
 Kebiasaan Tidur Seperti Ini Bisa Menandakan Adanya Masalah KesehatanBisa tidur di sembarang tempat bisa jadi sebuah talenta yang menguntungkan bagi sebagian orang. Tetapi ini belum tentu bila dilihat dari segi kesehatan. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Anda bisa saja iri melihat pasangan atau teman bisa tidur dimana saja dan kapan saja, entah itu di bis, pesawat atau mobil.

Bagi sebagian orang, kemampuan tidur ini seakan-akan memberikan keuntungan tersendiri bagi yang bersangkutan. Padahal menurut dokter, ini belum tentu benar.

Ahli tidur dari Amerika, Dr W Chris Winter mengatakan ini justru bisa jadi pertanda adanya masalah.

"Bisa jadi ada sesuatu yang terjadi dalam hidup mereka yang berarti mereka butuh lebih banyak tidur daripada orang normal. Berlatih untuk perlombaan marathon, misalnya," jelasnya seperti dilaporkan ABC Australia.

Hanya saja, lanjut Winter, perlu dilakukan studi khusus untuk mengetahui dimana letak kesalahannya.

Baca juga: Alasan Penting Memasukkan Tidur Sehat dalam Resolusi 2018

Hal serupa juga dikatakan Winter terkait tidur siang. Tidur siang belum tentu baik bagi kesehatan, terutama jika berlebihan.

Menurut Winter, tidur siang sama halnya dengan ngemil. "Jika Anda ngemil dalam jumlah besar, maka ini bisa mempengaruhi selera makan malam Anda," ungkapnya.

Untuk itu, Winter mengatakan tidur siang hanya boleh dilakukan jika seseorang berada dalam situasi yang membuatnya tidak bisa tidur malam secara penuh semisal saat bepergian.

Ditambahkan dr Andreas Prasadja, RPSGT, tidur siang yang ideal hanya sekitar 15-20 menit. Lebih dari itu, tubuh bisa malah terasa lemas ketika bangun dan biasanya lebih lelah.

Ahli kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran itu menambahkan, kualitas tidur seseorang sebenarnya bisa dilihat dengan mudah dari dua hal. Pertama, bangun dalam keadaan segar atau tidak mengantuk. Kedua, tidak merasa mengantuk di siang hari.

Baca juga: Kurangi Begadang di Tahun 2018, Atur Jam Tidur dengan Cara Ini


(lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit