detikhealth

Catat, Begini Caranya Atasi Susah Bangun Pagi untuk Olahraga

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 05/01/2018 10:05 WIB
Catat, Begini Caranya Atasi Susah Bangun Pagi untuk OlahragaNah, ini dia tips atasi susah bangun pagi untuk olahraga. Foto: thinkstock
Jakarta, Ingin rutin berolahraga setiap pagi tidak mudah dilakukan setiap orang. Salah satu alasannya adalah karena susahnya membiasakan diri untuk bangun pagi.

Bukan bermaksud menyalahkan, karena bisa saja susah bangun pagi disebabkan oleh tidur larut malam akibat kesibukan di tempat kerja atau terlalu lelah.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa memulai hidup sehat lho. Begini caranya agar bisa bangun pagi untuk berolahraga, seperti dikutip dari Popsugar, Jumat (5/1/2018):

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Susah Bangun Pagi

1. Tidur lebih awal
Pada dasarnya memang demikian. Anda tidak bisa berharap bangun jam 5 pagi dan siap berolahraga jika tidurnya saja tengah malam. Ubah kebiasaan Anda dengan berangkat tidur lebih awal untuk mendapatkan durasi tidur ideal yaitu selama 8 jam.

2. Biarkan mengantuk
Mengantuk adalah reaksi alami tubuh saat Anda kelelahan. Jadi begitu kantuk datang, jangan lantas diberi kopi atau minuman kafein lainnya. Batasi saja konsumsi kopi Anda, maksimal sampai jam 4 sore saja.

Mandi air hangat, minum segelas teh, tidak menonton TV atau melihat komputer dan gadget juga terbukti dapat membuat Anda lebih mudah tertidur dan beristirahat lebih nyenyak.

3. Memotivasi diri
Cari cara untuk memotivasi diri Anda agar mau melakukan olahraga di pagi hari, misal memasang foto pasangan atau gebetan atau membayangkan menu sarapan yang Anda suka.

Mendengarkan lagu dari penyanyi favorit, membeli sepatu baru atau mencoba rute lari yang berbeda dari biasanya juga bisa jadi cara untuk mempertahankan semangat juang Anda.

4. Cari teman
Olahraga juga bisa dijadikan alasan untuk mendekati gebetan Anda, jadi Anda bisa mengajaknya jogging atau ikut kelas zumba bersama. Ini juga berlaku untuk sahabat atau rekan kerja Anda. Penelitian menyebut seseorang biasanya lebih bersemangat berolahraga atau hidup sehat jika ada temannya.

5. Beri hadiah
Mengapresiasi diri adalah hal yang nampaknya sepele namun berdampak besar bagi diri Anda sendiri. Jadi setelah mencapai target Anda dalam olahraga, belilah alat atau baju fitness baru, ke salon atau menonton di bioskop. Membayangkan kerja keras Anda terbayar seperti ini rasanya luar biasa, bukan?(lll/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit