detikhealth

Bisa Dicoba! Ini Diet yang Akan Menjadi Tren di 2018

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jumat, 05/01/2018 13:02 WIB
Bisa Dicoba! Ini Diet yang Akan Menjadi Tren di 2018Ini diet yang bisa dicoba untuk diterapkan di tahun 2018. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Tahun baru dimulai dengan hal-hal yang baik, misal berusaha mewujudkan resolusi yang sudah dibuat. Salah satu resolusi pasti mengenai kesehatan. Ada yang ingin menurunkan berat badan, ada yang ingin rajin olahraga, ada pula yang ingin berhenti merokok.

Siapa yang resolusi sehatnya di tahun baru menerapkan diet? Kebanyakan orang bimbang dalam memilih jenis diet, karena mereka takut diet yang dipilihnya tidak berhasil.

Dilansir dari health.com, ini lima diet yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2018.

1. Dash diet

Diet ini dirancang untuk membantu orang menurunkan tekanan darah bagi mereka yang hipertensi. Biasanya mengonsumsi makanan yang dicampur dengan buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan susu rendah lemak. Serta mengurangi asupan garam yang dapat memicu meningkatnya tekanan darah.

Orang yang menerapkan diet ini ditegaskan untuk tidak sedikitpun mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, minuman manis, permen, susu berlemak.

Baca juga: 5 Olahraga Ini Diprediksi Akan Ngetren di Tahun 2018

2. Flexitarian diet

Flexitarian adalah gabungan kata dari fleksibel dan vegetarian. Diet ini mengharuskan seseorang untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan sepanjang waktu. Namun pada diet ini tidak mengharuskan untuk berhenti mengonsumsi daging-dagingan, sebaiknya dikurangi.

3. Weight watchers diet

Weight watchers diet bukan berarti kami harus mengamati berat badanmu setiap saat. Tetapi diet ini adalah diet yang membatasi asupan kalori setiap harinya, agar kalori yang dibakar lebih banyak dibanding kalori yang masuk.

Diet ini mengharuskan seseorang untuk menghitung asupan kalori dari makanannya dengan baik. Diet ini menuntut kedisiplinan dari penerapnya.

4. Mind diet

Mind diet adalah campuran dari diet dash dan mediterania. Diketahui bahwa diet mediterania adalah diet yang cukup disiplin dalam pemilihan makanan. Jadi, orang yang menerapkan mind diet bisa mengonsumsi sepuluh kelompok makanan, yaitu sayuran hijau, semua jenis sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, unggas, minyak zaitu, dan anggur. Kesepuluh jenis makanan itu dinilai baik untuk kesehatan otak.

Sedangkan makanan yang harus dihindari masuk dalam lima jenis makanan, yaitu daging merah, mentega atau margarin, keju, permen, dan makanan cepat saji atau junk food.

Baca juga: Biar Sukses, Yuk Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Diet Turunkan Berat Badan

5. Volumetrics diet

Diet ini cocok untuk orang yang hobi makan. Pasalnya, diet ini tidak menerapkan pengurangan porsi makan, tapi memerhatikan banyaknya kalori dan lemak yang dikonsumsi. Syarat untuk menerapkan diet ini adalah harus menyukai sayur dan buah. Karena diet ini bertujuan untuk membuat orang kenyang dengan porsi besar, tetapi berat badan tidak naik karena tidak banyak mengonsumsi kalori dan lemak.


(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit