detikhealth

Jangan Cuma Olahraga, Ini Cara Tambahan Membentuk Perut Sixpack

Widiya Wiyanti - detikHealth
Rabu, 10/01/2018 10:50 WIB
Jangan Cuma Olahraga, Ini Cara Tambahan Membentuk Perut SixpackBukan hanya olahraga, asupan makanan dan pola makan juga memengaruhi dalam pembentukan otot perut menjadi sixpack. Foto: instagram
Jakarta, Perut sixpack adalah dambaan kaum adam, apalagi bentuk perut seperti Cristiano Ronaldo. Bukan hanya pria, saat ini perut kotak-kotak juga diminati sebagai wanita lho.

Banyak orang rela melakukan gerakan olahraga seperti sit up, plank, curl up, maupun pulse up demi membentuk otot-otot perut. Tetapi olahraga seperti itu saja tidak cukup tanpa didampingi oleh asupan nutrisi yang baik.

Perlu diingat, membentuk perut sixpack itu yang terpenting adalah mencegah munculnya lemak di bagian perut. Menurut ahli gizi dari Canyon Ranch di Tucson, Arizona, Kasey Brixius, RDN, lemak yang sudah ada di perut tidak bisa begitu saja hilang hanya dengan olahraga.

"Anda tidak dapat mengurangi efek dari diet yang buruk hanya dengan latihan, terutama untuk area yang tergantung pada lemak dan membengkak (di perut)," ujarnya dikutip dari health.com.

Nah, bagaimana cara mencegah munculnya lemak di perut? Brixius menganjurka untuk memastikan bahwa tubuh mendapatkan tiga makronutrien penting untuk menyeimbangkan gula darah dan hormon, karena keduanya berperan dalam meningkatkan konsentrasi lemak. Makronutrien tersebut adalah protein tanpa lemak, karbohidrat berkualitas tinggi, dan lemak sehat.

Baca juga: Bisakah Tertawa Bikin Perut Sixpack? Cek di Sini

Sedangkan untuk membentuk perut sixpack, Brixius berbagi tipsnya.

1. Makan secara teratur

Pola makan sangat memengaruhi timbulnya lemak yang juga memengaruhi pertumbuhan otot-otot perut. Brixius menyarankan untuk makan dengan pola teratur setiap 4-5 jam sekali, baik makan besar atau hanya camilan.

"Tubuh tidak dapat secara efisien melepaskan enzim pencernaan untuk memecah makanan dengan benar saat pola makan terganggu, stres, atau sedang dalam perjalanan," ujarnya.

2. Penuhi asupan serat

Serat sangat bermanfaat untuk pertumbuhan otot-otot perut. Makanan yang kaya serat bisa didapat dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Tambahkan asupan protein

Sudah jelas bahwa protein sangat baik untuk membentuk otot perut menjadi sixpack. Perbanyak makan telur tanpa kuningnya, daging tanpa lemak, atau kacang-kacangan dan protein nabati lainnya.

Baca juga: Video: Mau Kekar Seperti Ibrahimovic? Gampang, Seperti Ini Latihannya

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit