detikhealth

Diet Experience

Berat Badan Amanda Turun 29 Kg dengan Ketofastosis

Amanda Besare - detikHealth
Rabu, 10/01/2018 12:05 WIB
Berat Badan Amanda Turun 29 Kg dengan Ketofastosis
Jakarta, Seperti kebanyakan orang, Amanda Besare juga mengalami fase keraguan ketika hendak memulai diet. Banyak pertimbangan yang membuatnya tidak yakin, termasuk pengalaman buruk dalam diet-diet sebelumnya.

Satu hal yang memotivasi Amanda adalah riwayat kesehatan yang tidak terlalu baik. Tak ingin berlarut-larut dengan berbagai penyakitnya, Amanda memantapkan diri untuk memilih satu jenis diet yang dianggapnya paling cocok.

Berikut ini Amanda menceritakan pengalaman diet sehatnya untuk pembaca detikHealth. Jangan lupa tinggalkan komentar jika menurutmu cerita ini cukup inspiratif.

Baca juga: Masih Ada Waktu! Ceritakan Pengalaman Dietmu, Raih Voucher Jutaan Rupiah

10 bulan lalu, sebelum saya mengenal ketofastosis ini, saya melakukan berbagai macam diet mulai dari Diet Mayo, Diet Air Kelapa, OCD, hanya mengkonsumsi buah apel dalam kurun waktu tertentu dan yang paling terakhir adalah melakukan Diet GM yang sangat membuat saya sengsara.

Seketat apapun diet yang saya lakukan tidaklah membuahkan hasil dan tidak membuat tubuh saya semakin sehat tapi sangat menyengsarakan saya. Awal mula saya mengetahui Ketofastosis ini melalui ibu saya yang di mana penderita diabetes akut dan harus mengkonsumsi obat diabetes seumur hidupnya. Tidak serta merta karena ibu saya menjalani dan membuahkan hasil yang baik dengan menjalani keto jadi saya juga langsung mengikuti keto.

Banyak pertimbangan, rasa ragu dan tidak yakinnya dapat membuahkan hasil dan dapat menyembuhkan penyakit saya seperti dari kebanyakan orang yang memberikan sharingnya pada group Keto di FB bahwa mereka terbebas dari penyakit ini, itu. Selagi ibu saya menjalani keto dan makin membuahkan hasil, saya tetap bersih keras untuk menjalani diet GM saya sampai masa waktunya selesai, dan pada akhirnya saya menyerah dan kecewa dengan Diet tersebut.

Setelah itu saya memberanikan diri untuk membaca tentang apa itu keto dan mulai melakukan diet tersebut. Yang perlu anda ketahui sebelum saya mengikuti keto saya mempunyai riwayat penyakit yang cukup banyak dan memuakkan bagi saya. Karena masih muda namun banyak sekali penyakit yang berada pada tubuh saya. Berikut beberapa penyakit yang menemani hidup saya selama belasan tahun ke belakang:

1. Sering mengalami migrain tak tertahankan di bagian kanan kepala.
2. Sering mengalami mimisan hebat sampai berhari-hari.
3. Mempunyai maag kronis
4. Mengalami rasa sakit pada bagian pinggang yang begitu hebat sampai tidak pernah bisa tidur dikasur yang empuk dan harus selalu dilantai dan tempat yang datar dikarenakan saraf kejepit dan menyebabkan gaya jalan saya selalu miring pada saat berdiri untuk menahan rasa sakit.
5. Sinusitis
6. Darah Tinggi
7. Kolestrol Tinggi
8. Sering sakit tangan dan pada saat berjalan kaki susah menapak terlalu lama dikarenakan selalu bengkak.

Penyakit diatas sangatlah mengganggu kegiatan sehari-hari saya dan membuat saya jadi tidak gesit dalam melakukan apapun.

Pada awal mula melakukan keto diminggu 2 saya mengalami HC atau yang dapat disebut Healing Crisis. Dan HC tersebut satu-persatu terjadi sesuai urutan penyakit saya diatas tadi. selama 3 hari berturut-turut untuk masing-masing penyakit diatas saya mengalami HC tersebut dan dapat dikatakan tubuh saya sedang didetoxifikasi. Namun untuk saraf kejepit saya mengalami HC dan sangat normal di bulan ke 3.

Mengapa saya bilang saya sembuh sudah sembuh dari Saraf Kejepit. Karena saya bisa kembali normal tidur di atas kasur yang selama ini saya impikan.Banyak hal yang terjadi selama saya melakukan keto yang paling menyiksa saya adalah Masa-masa Healing Crisis yang tidak mengenakkan. Dan selama mengikuti Keto diet ini saya sangat-sangat mengikuti protokol dan tidak cheating sama sekali.

Pro dan Kontra terhadap saya pada saat saya menjalani diet keto ini sangatlah luar biasa. Banyak orang terheran-heran dan mencemooh cara saya makan, apa yang saya makan dan sampai-sampai banyak yang membandingkan diet saya dengan diet yang mereka jalani.

Satu hal yang saya lakukan adalah tetap tenang, tidak usah cape-cape menjelaskan kepada banyak orang untuk apapun yang mereka tidak mau tau. Tetap konsisten dan komit terhadap keputusan yang telah saya ambil.

Bahkan lucunya sampai saat ini saya sudah kuruspun masih ada dan banyak yang membully saya, dibilanglah saya peyot,kendor,muka jadi tua dan tidak fresh.

Hey, come on guys.. bagi saya mereka adalah motivator terbaik dalam hidup saya sampai saya mendapatkan hasil yang maksimal dengan mengikuti diet ini dan sembuh dari penyakit yang selama ini membelenggu saya. Jadi bagi siapapun yang membully mereka tidaklah mempunyai edukasi yang tepat dan cenderung minder terhadap saya. Diam, dan tetaplah berkomitmen dengan keputusan yang saya ambil demi kebaikan saya.

Dan itulah secara garis besar dalam menjalani ketofastosis.




Foto: dok: Pribadi
(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit