detikhealth

Gara-gara Kulit Bawang, Pria Ini Harus Dirawat di Rumah Sakit

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 10/01/2018 13:35 WIB
Gara-gara Kulit Bawang, Pria Ini Harus Dirawat di Rumah SakitSiapa sangka ternyata kulit bawang bisa jadi penyebab masalah pernapasan. (Foto: iStock)
Jakarta, Hal tak menyenangkan yang bisa terjadi saat mengolah bawang biasanya adalah mata terasa perih dan berair. Namun bagi seorang petani pria 62 tahun dari Jepang, bawang ternyata membawa dampak yang lebih buruk.

Dilaporkan dalam jurnal Respiratory Medicine Case Reports sang pria masuk rumah sakit setelah dua minggu mengalami gejala batuk kering, sulit bernapas, dan kelelahan. Pemeriksaan menunjukkan bahwa sebabnya karena paru-paru sang pria meradang parah.

Baca juga: Terpapar Fungi Berbahaya, Penyakit Pria Ini Baru Muncul 30 Tahun Kemudian

Mengapa bisa demikian? Tes sampel darah melihat ada jejak fungi Aspergillus niger. Fungi tersebut diketahui tumbuh di sayuran serta buah-buahan dan diketahui pada beberapa orang dapat menyebabkan reaksi sistem imun.

Normalnya kantong udara di paru-paru elastis dapat meregang dan rileks sehingga kita bisa bernapas. Namun saat kantong udara meradang karena reaksi sistem imun elastisitasnya terganggu sehingga kita juga jadi sulit bernapas.

Nah pada kasus sang pria awalnya tidak diketahui dari mana asal fungi Aspergillus ini. Setelah kondisinya membaik dokter mengizinkan sang pria pulang untuk menjalankan tes provokasi, mencari sumber fungi.

"Saat pasien kembali ke rumah tes provokasi menunjukkan hasil yang positif ketika ia bekerja membersihkan kulit bawang dengan kompresor udara. Aspergillus niger berhasil dikulturasi dari tempat kerjanya dan dari kulit bawang yang sudah menghitam," tulis dokter dalam Respiratory Medicine Case Reports, dikutip Rabu (10/1/2018).

Untuk menghindari fungi tersebut dokter hanya menyarankan sang pria memakai masker setiap akan membersihkan kulit bawang.

Baca juga: Pecahkan Jerawat Pakai Pisau Pahat Kayu, Pria Ini Kena Infeksi Fungi(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit