detikhealth

Diet Experience

Menghindari Perubahan Drastis, Kunci Hasan Jaga Diet Tetap Konsisten

Hasan Badjrie - detikHealth
Rabu, 10/01/2018 13:50 WIB
Before
After
Jakarta - Tekad boleh bulat, tapi eksekusi tidak boleh asal-asalan jika tidak ingin gagal di tengah jalan. Demikian prinsip yang dipegang Hasan Badjrie dalam menjaga dietnya agar tetap konsisten.

Tidak mudah bagi pria asal Jakarta ini untuk menurunkan berat badan dari 89 kg menjadi 76 kg. Dalam 8 bulan, ia melakukan perubahan secara bertahap. Tidak hanya soal pola makan, melainkan juga menyangkut aktivitas fisik.

Selengkapnya tentang kisah sukses Hasan dalam menjalankan diet sehatnya bisa disimak berikut ini. Jangan lupa tinggalkan komentar jika menurutmu cerita ini cukup inspiratif.

Baca juga: Masih Ada Waktu! Ceritakan Pengalaman Dietmu, Raih Voucher Jutaan Rupiah

Pada artikel ini, saya akan mencoba menceritakan mengenai pengalaman diet saya yang sudah dilakukan sekitar awal tahun 2017. Pada tahun 2015 sampai 2016 akhir berat badan saya mengalami kenaikan yang cukup drastic (sekitar 10 Kg). Hal ini dikarenakan pola hidup saya yang tidak sehat.

Ketika itu aktivitas harian saya lebih banyak dihabiskan dengan duduk dan minim melakukan gerak fisik selain itu saat makan malam hampir setiap hari (senin-jumat) saya makan nasi padang (fasilitas dari kantor) dengan berbagai lauk yang berat seperti daging dan ayam. Kegiatan seperti itu terus berlangsung sampai Februari tahun 2017, ketika itu saya merasa berat badan tubuh saya membuat saya tidak nyaman dan percaya diri saat mengenakan pakaian atau berhadapan dengan orang, kesan buncit dan kulit yang bergelambir sangat terlihat jelas saat saya berdiri dan berjalan.

Selain itu di tempat kerja saya banyak terdapat orang Jepang, di mana sudah menjadi hal yang umum bahwa orang Jepang memiliki postur tu buh yang cukup ideal bahkan ada yang sudah berumur 60 tahun lebih namun postur tubuh masih tegap dan perut tidak buncit sehingga hal tersebut membuat saya semakin mengukuhkan niat saya untuk hidup sehat, saya tidak ingin (Insya Allah) masa tua saya diisi dengan sakit dan badan lemah.

Akhirnya setelah tekad saya untuk hidup sehat muncul, hal yang pertama saya lakukan yaitu pola makan, saya mulai membatasi asupan gula (dari coklat kismis, teh manis, dll), santan dan tidak makan malam yang lebih dari jam 7 malam. Kemudian diganti dengan makanan-makanan seperti roti gandum, telor (bagian yang putih) dan buah-buahan seperti pisang dan jeruk.

Selain itu saya isi aktivitas malam saya dengan berolahraga di tempat gym (dalam seminggu sekitar 5 kali) dan saat sabtu dan minggu pagi, saya biasakan jogging sampai 5 km atau bersepeda sekitar 30 km. Sebagai informasi, hal tersebut tidak saya lakukan secara drastic melainkan bertahap sampai akhirnya bisa konsisten.

Memang awalnya agak berat melakukan hal itu mengingat lingkungan sekitar yang masih seperti dulu bahkan sampai sekarang pun masih ada masa-masa dimana saya melanggar aturan tersebut seperti saat acara lebaran dan kumpul keluarga besar namun sekali lagi, jika kita memiliki goal yang jelas, tekad yang kuat dan kesabaran dalam menjalankan hal tersebut Insya Allah hal tersebut bisa dilakukan.




(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit