detikhealth

Hmm... Makan Enak dan Kaya Rasa Ternyata Baik Lho Untuk Kesehatan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jumat, 12/01/2018 16:09 WIB
Hmm... Makan Enak dan Kaya Rasa Ternyata Baik Lho Untuk KesehatanMakanan enak dan kaya rasa ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Lebih memilih makanan tanpa rasa atau soto dengan berbagai bumbu yang membuatnya punya cita rasa mewah? Sudah pasti memilih yang lebih enak dan banyak bumbu dong. Nah, ternyata, fakta unik menyebutkan bahwa makanan yang enak juga baik dari segi kesehatan.

Hal ini diungkap oleh Prof Dr Ir Christofora Hanny Wijaya, MAgr, dalam Seminar Food Review Indonesia 'Science and Technology of Amino Acid As Food Ingredients', Kamis (11/1/2018), di IPB International Convention Center, Bogor.

"Semua cita rasa dan fungsi yang lain dan ternyata ada penelitian yang menyatakan appetite tidak sekedar appetite, dibuktikan kalau kita sakit semua kenikmatan itu hilang. Ini ada kaitannya secara psikologis," ujar wanita yang kerap disapa Prof Hanny.

Baca juga: Generasi Micin! Boleh Kok Pakai MSG Asal Tahu Aturannya

Di samping itu, secara alami, mencicipi makanan yang enak maka secara cepat kita memproduksi saliva. Hal ini dikarenakan fungsi dari kerja otak yang sudah mempersiapkan makanan itu agar bisa dicerna. Dengan kata lain, pencernaan juga menjadi lebih lancar.

Terlebih, berbagai cita rasa bisa diperkaya dengan sumber-sumber seperti misalnya asam glutamat. Asam glutamat itu biasanya ditemukan dalam makanan yang memang dikenal enak seperti ikan, daging, atau beberapa keju.

"Fungsinya untuk umami taste dan menambah energi. Itu mengapa kita makan yang enak-enak jadi semangat," pungkas wanita yang sudah sering menjadi pembicara di berbagai negara.

Namun, Anda juga harus pintar-pintar ya untuk memasukan bahan makanan atau tambahan dengan memperhatikan kualitas nutrisi yang disajikan. Jadi, bukan cuma enak tapi juga menyehatkan.

Baca juga: Seberapa Aman MSG Dikonsumsi?(ask/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit