detikhealth

Karena Makan Sandwich, Gigi Palsu Kakek Ini Ikut Tertelan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sabtu, 13/01/2018 14:09 WIB
Karena Makan Sandwich, Gigi Palsu Kakek Ini Ikut TertelanGigi palsu kakek di India tertelan saat makan sandwich. Foto: Thinkstock
Jakarta, Seharusnya sandwich menjadi makanan lezat dan mengenyangkan bagi kakek India, Ram Kuber Phatak. Tetapi mungkin tak pernah dibayangkan olehnya bahwa sandwich lezat itu bisa membuat gigi palsunya ikut tertelan.

Panik luar biasa, kakek berusia 77 tahun itu bergegas menuju rumah sakit. Plat gigi yang berukuran sekitar 3,5 centimeter lengkap dengan gigi palsu dan kawatnya itu tersangkut di kerongkongan.

Dokter yang menangani Ram, dr Shrinivas Chavan dari J Hospital di Mumbai mengatakan bahwa masih beruntung kakek ini karena gigi palsunya hanya tersangkut di kerongkongan dan tidak ke bagian organ lainnya.

"Biasanya dalam kasus seperti itu, jika gigi palsunya turun dari saluran pencernaan bisa ke bagian tubuh yang lain seperti dada atau jantung, itu menyebabkan kerusakan. Tapi pasien itu beruntung karena hanya tersangkut," ujar dr Shrinivas dikutip dari New York Post.

Baca juga: Ups! Video Lucu Kakek yang Gigi Palsunya Copot Ini Jadi Viral

Menurut dr Shrinivas, penggunaan gigi palsu beserta platnya itu harus selalu melalui pemeriksaan secara rutin, sehingga gigi tetap bersih dan jika pasien tahu jika gigi palsunya itu sudah tidak dalam keadaan yang kuat.

Dan benar saja dugaan dr Shrinivas, ternyata kakek itu tidak pernah melakukan pemeriksaan gigi sejak gigi palsunya itu pertama kali dipasang pada tahun 2005.

"Dalam tiga tahun terakhir, gigi palsu ini ada yang telah hilang. Tapi saya tidak punya cukup uang untuk mengunjungi dokter gigi dan memperbaikinya," kata Ram.

Setelah gigi palsu bisa diangkat, Ram berada di bawah pengawasan medis dan dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan padat selama 10 hari.

Baca juga: Tragis! Sedang Minum Susu, Kakek Ini Meninggal Tersedak Gigi Palsu

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit