detikhealth

Pekerjaan Rumah Tangga, Samakah Efeknya dengan Olahraga? Ini Kata Dokter

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 14/01/2018 15:06 WIB
Pekerjaan Rumah Tangga, Samakah Efeknya dengan Olahraga? Ini Kata DokterPekerjaan rumah tangga sehari-hari kerap digolongkan sebagai latihan fisik atau olahraga. Foto: Thinkstock
Jakarta, Pekerjaan rumah tangga sehari-hari seperti menyapu, mencuci dan memasak seringkali disebutkan dalam konteks yang sama dengan latihan fisik atau olahraga. Aktivitas tersebut dipercaya bisa membakar kalori dan membuat tubuh tetap sehat.

Namun, menurut spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, kegiatan domestik tersebut tidak bisa digolongkan dalam olahraga atau exercise.

"Ada yang menganggap menyapu, mengepel dan menyikat kamar mandi adalah suatu bagian dari olahraga, saya jawab tidak," kata dr Michael saat berbincang dengan detikHealth usai acara HUT ke-29 RS Mitra Keluarga, Kemayoran, Jakarta.

Dikatakan dr Michael, olahraga harus mempunyai rule atau aturan terlebih dahulu. Aktivitas fisik tersebut sebenarnya bisa ditingkatkan menjadi aktivitas fisik yang bermanfaat bagi kesehatan ataupun menjadi suatu olahraga, bila dibuatkan program latihannya.

Baca juga: Menyapu dan Mengepel di Rumah, Apakah Sama dengan Olahraga?

"Contohnya adalah jalan cepat, itu masih masuk aktivitas fisik, karena tidak ada rule, cuma jalan saja. Tapi kalau jalannya dibuat seminggu 3 kali waktunya 30 menit. Nah, itu bisa menjadi awal kita melakukan resolusi," ujar dr Michael yang juga berpraktik di Klinik Slim and Health Mal Taman Anggrek.

"Jadi tahun lalu sudah ada resolusi ingin mulai olahraga dan tidak pernah terjadi, nah sekarang mulailah dengan itu, kita mulai saja dengan 3 kali 30 menit atau 3 kali 15 menit, yang mudah saja dulu," sambungnya lagi.

Berdasarkan American College of Sports Medicine, imbuh dr Michael, seseorang dikatakan bergerak atau beraktivitas fisik apabila olahraga dengan intensitas sedang selama minimal 150 menit selama seminggu. Jumlah ini dapat dicapai dengan melakukan olahraga selama 30 menit minimal 5 hari. Namun, ia menganjurkan untuk memulai suatu bentuk aktivitas fisik dari yang ringan dahulu.

"Jadi kita mulai sesuatu yang ringan yang nanti kalau kita lakukan dengan baik, kita dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat buat tubuh kita. Yang tadinya mudah capek menjadi tidak. Yang tadinya merasakan sering ngantuk menjadi segar. Nah itu bisa kita tingkatkan lagi. Tapi yang mampu saja dulu," tegas dr Michael.

Baca juga: Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga?(hrn/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Database Dokter Obat Penyakit