detikhealth

Asal Usul Sebutan Flu Australia untuk Virus H3N2

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 15/01/2018 13:07 WIB
Asal Usul Sebutan Flu Australia untuk Virus H3N2Flu Australia merupakan penyakit dari virus influenza yang kini tengah diwaspadai oleh dunia. (Foto: KatarzynaBialasiewicz/iStockphoto)
Jakarta, Virus influenza ada banyak tipenya dan sebagian besar orang yang terjangkit bisa sembuh sendiri tanpa masalah yang serius. Namun perlu diketahui bahwa beberapa tipe virus flu bisa cukup ganas menimbulkan gejala yang lebih parah hingga berakhir kematian.

Sebagai contoh belakangan ini dunia tengah mewaspadai apa yang disebut penyakit flu Australia akibat virus H3N2. Laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) melihat bahwa flu ini tengah menyebar di belahan bumi bagian utara memakan korban jiwa.

Baca juga: Kementerian Kesehatan RI Waspadai Flu 'Australia' H3N2

Mengapa penyakit karena virus H3N2 disebut flu Australia? Jawabannya kemungkinan karena tipe virus yang spesifik ini pertama kali diobservasi menyebar di Australia pada triwulan III tahun lalu.

"Kita tahu saat itu orang-orang di Australia masuk ke rumah sakit dan beberapa ada yang meninggal," kata ahli virus Profesor John Oxford dari Queen Mary University di London.

"Tapi bukan berarti virus (H3N2 -red) baru muncul di Australia... Virus-virus ini memang selalu berkembang," lanjutnya seperti dikutip dari ABC Australia, Senin (15/1/2018).

Virus flu termasuk ke dalam jenis virus yang dapat bermutasi sangat cepat oleh karena itu hingga saat ini sulit untuk dilawan meski dengan vaksin sekalipun. Kebetulan Australia jadi tempat yang mengalami peningkatan kasus virus flu baru ini oleh karena itu orang-orang jadi memberikannya sebutan flu Australia.

"Jadi yang terjadi adalah setiap tahun virus flu cenderung bermutasi dan Australia sering jadi tempat pertama yang mengalami tipe baru ini," kata dr Helen Stokes-Lampard dari Royal College of General Practitioners.

Baca juga: 5 Hal Penting yang Harus Anda Ketahui Soal Flu Australia H3N2(fds/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit