detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Gairah Seksual Pasutri Ini Masih Prima di Usia 50 Tahun, Normalkah?

Kamis, 18/01/2018 18:18 WIB
Gairah Seksual Pasutri Ini Masih Prima di Usia 50 Tahun, Normalkah?Gairah seksual pasutri di usia 50 masih tinggi menandakan kebugaran seksual masih prima. Foto: ilustrasi/thinkstock
Saya istri berusia 50 tahuh, suami juga sama umurnya dengan saya. Saya masih pre menopause karena masih menstruasi meski 3 atau 4 bulan sekali. Mengapa keinginan bercinta saya dengan suami saya masih menggebu-gebu. Kami biasa ML setiap hari kalau weekdays, kalau weekend atau libur bisa siang dan malam. Saya juga aktif olahraga aerobik seminggu 3 kali dan gym sesudah aerobik. Kondisi miss V saya kata suami masih licin dan tidak kering. Normalkah kami?

S (Perempuan, 50 tahun)

Jawaban

Dari uraian kata yang Anda sampaikan, dapat disimpulkan Anda dan suami memiliki kebugaran seksual yg prima. Usia Anda dan suami 50 tahun dikenal sebagai usia kronologis, yaitu sesuai dengan tanggal lahir. Tapi usia biologis Anda dan suami, agaknya 40 tahun. Umur biologis adalah usia yang merefleksikan penampilan profil fisik seseorang. Yang ideal bila umur biologis lebih rendah dari umur kronologis, seperti Anda dan suami.

Hal ini tampak dari kebugaran seksual Anda dan suami. Selanjutnya, pertahankan kebugaran seksual Anda dengan exercise fisik seperti yang Anda lakukan aerobik dan gym. Predikat normal bahkan supra normal patut dianugerahkan kepada Anda dan suami.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit