detikhealth

Menengok Potongan Rambut Baru Pangeran William dan Bakat Botak di Keluarganya

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 19/01/2018 19:36 WIB
Menengok Potongan Rambut Baru Pangeran William dan Bakat Botak di KeluarganyaPotongan rambut baru Pangeran William ini menarik perhatian dunia. (Foto: dok. Getty Images)
Jakarta, Pangeran William menjadi headline di sejumlah media dengan potongan rambut barunya yang nyaris gundul saat berkunjung ke sebuah rumah sakit anak di Inggris.

BBC melaporkan penerus tahta Kerajaan Inggris itu menarik perhatian publik saat tampil dengan rambut cepak ala militer dalam kunjungan kerjanya di Evelina London Children's Hospital, Lambeth baru-baru ini.

Ayah dua anak itu tidak hanya memangkas habis rambut tengahnya yang memang sudah botak, tetapi juga menipiskan rambut di sekelilingnya. Tak pelak potongan rambut ini semakin memperlihatkan bahwa sang pangeran mulai menerima 'mahkotanya'.
Menengok Potongan Rambut Baru Pangeran William dan Bakat Botak di KeluarganyaFoto: dok. Getty Images

Baca juga: Sering Pakai Topi Bikin Cepat Botak?

Pangeran William telah lama diketahui mewarisi penipisan rambut dari ayahnya, Pangeran Charles dan kakeknya, Pangeran Philip.

Kebotakan karena genetik dapat diketahui dari pola rambut yang tersisa di atas kepalanya. Bila polanya membentuk huruf U maka biasanya ini disebabkan oleh faktor genetik, seperti halnya yang dialami Pangeran William.

Secara umum, dua pertiga kerontokan rambut atau kebotakan yang terjadi sebelum usia 35 tahun disebabkan oleh genetik. Kondisi ini dipicu oleh kepekaan terhadap hormon dihydrotestosterone (DHT) yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Barangsiapa yang mewarisi kepekaan ini, maka merekalah yang paling rentan mengalami pelemahan folikel rambut, yang kemudian mengakibatkan penipisan rambut, terutama di bagian mahkota dan garis rambut, serta penipisan pigmen atau warna rambut.

Kebotakan turunan ini juga bisa dialami oleh wanita, dan diwariskan tidak hanya dari pihak ayah, tetapi juga dari pihak ibu. Namun peluangnya makin besar jika kedua orang tua sama-sama mengalami kebotakan.

Hal lain yang diklaim dapat menyebabkan kebotakan dini adalah stres, kurang nutrisi dan kebiasaan merokok.
Pangeran William saat masih kuliah di St Andrew's di kisaran awal tahun 2000. (Foto: Getty Images)Pangeran William saat masih kuliah di St Andrew's di kisaran awal tahun 2000. (Foto: Getty Images) Foto: ist.

Baca juga: Cegah Kebotakan di Usia Muda Agar Tak Seperti Pangeran William(lll/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit