detikhealth

Pakai Foto di Facebook, Ahli Bedah Rekonstruksi Wajah Wanita Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 23/01/2018 18:10 WIB
Pakai Foto di Facebook, Ahli Bedah Rekonstruksi Wajah Wanita IniWajah Libby setelah mendapat operasi. (Foto: Twitter/StGeorgesTrust)
Jakarta, Media sosial sepertinya punya manfaat selain untuk menjaga hubungan sosial seperti yang dibuktikan oleh seorang dokter muda bernama Libby Calton. Pada bulan Oktober 2017 lalu ia terlibat dalam kecelakaan yang mengakibatkan wajahnya hancur.

Dilaporkan oleh The Sun saat itu Libby sedang berkuda ketika tiba-tiba hewan yang ia tunggangi terkejut dan tidak bisa dikendalikan. Libby berhasil lompat turun namun sang kuda menendang keras kepalanya mengakibatkan tengkorak wajah jadi remuk ke dalam.

Baca juga: Foto: Tangis Lilly Bertemu Pria yang Mendapat Wajah Mantan Suaminya

Secara detail beberapa tulang tengkorak Libby yang remuk termasuk tulang pipi, kantong mata, hidung, dan rahang atas. Beruntung saat itu Libby cepat di bawa ke rumah sakit di mana dokter bisa langsung melakukan tindakan.

"Saya sangat beruntung karena ditemukan oleh orang lain dan cepat dibawa ke rumah sakit St George di mana banyak spesialis berkumpul di satu tempat," kata Libby dikutip dari Fox News, Selasa (23/1/2018).

Untuk mengembalikan wajah Libby, spesialis bedah melakukan operasi rekontruksi dengan bantuan foto Libby lama yang ditemukan di Facebook. Total operasi memakan waktu 10 jam melibatkan 11 pelat dan 44 sekrup.

"Cedera pada wajah seperti ini jarang terjadi dan operasi yang dijalani juga cukup rumit dan melelahkan," kata ahli bedah Nick Hyde yang menangani kasus Libby.

"Tapi hasil akhirnya cukup memuaskan dan terima kasih kepada banyak orang yang terlibat dalam perawatan Libby," pungkasnya.

Baca juga: Orang-orang yang Wajahnya Hancur Tapi Jadi Ganteng dan Cantik Kembali

Foto: Twitter/StGeorgesTrust(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit