detikhealth

Studi: Sakit Flu Bisa Tingkatkan Risiko Serangan Jantung 6 Kali Lipat

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 25/01/2018 13:04 WIB
Studi: Sakit Flu Bisa Tingkatkan Risiko Serangan Jantung 6 Kali LipatInfeksi flu menurut studi tampaknya juga meningkatkan risiko serangan jantung. (Foto: Getty Images)
Jakarta, Menurut studi seorang anak rata-rata bisa terserang flu sekali dalam setahun sementara orang dewasa angkanya sekitar dua kali per 10 tahun. Meski gejalanya bisa sembuh sendiri dalam hitungan hari, bagi beberapa orang flu bisa jadi hal yang mematikan.

Setiap tahunnya Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut flu berkontribusi terhadap 290.000 hingga 650.000 kematian di seluruh dunia. Orang-orang meninggal bisa karena dampak langsung dari flu atau karena komplikasi yang berkaitan dengannya.

Baca juga: Jangan Remehkan, Pilek dan Flu Bisa Juga Sebabkan Ketulian

Salah satu komplikasi tersebut menurut peneliti adalah serangan jantung. Pemimpin studi dr Jeff Kwong dari Institute for Clinical Evaluative Sciences mengatakan orang yang sakit flu risiko serangan jantungnya bisa meningkat hingga enam kali lipat.

Hal ini ditemukan setelah peneliti melihat data dari 20.000 orang dewasa di Amerika Serikat. Dalam New England Journal of Medicine disebutkan bahwa peneliti memeriksa laporan serangan jantung tujuh hari saat seseorang terkena flu (interval risiko) dibandingkan dengan serangan jantung satu tahun sebelum atau sesudah terkena flu (interval kontrol).

Hasilnya diketahui ada 20 laporan serangan jantung dalam periode tujuh hari seseorang terkena flu. Sementara itu pada periode interval kontrol hanya ada tiga laporan serangan jantung.

"Temuan kami... Mendukung rekomendasi internasional yang mendorong orang-orang mendapat imunisasi flu terutama pada mereka yang sudah memiliki risiko tinggi serangan jantung," kata dr Jeff seperti dikutip dari Live Science, Kamis (25/1/2018).

"Orang-orang yang sudah berisiko serangan jantung harus berhati-hati mencegah penyakit infeksi saluran napas terutama influenza. Lakukan pencegahan dengan vaksinasi dan rajin cuci tangan," lanjutnya.

Baca juga: Kena Flu? Kenali Sebab dan Cara Mengatasinya(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit