detikhealth

Fenomena Super Blue Blood Moon Bisa Bikin Kita Susah Tidur

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Rabu, 31/01/2018 14:16 WIB
Fenomena Super Blue Blood Moon Bisa Bikin Kita Susah TidurFenomena langka akan terjadi di Indonesia malam ini. Selain gerhana 'blood moon', ada fenomena lain yang terjadi malam nanti yakni supermoon dan blue moon. Foto: Wisma Putra
Jakarta, Fenomena langka akan terjadi di langit Indonesia malam ini. Selain gerhana bulan 'blood moon', ada fenomena lain yang terjadi malam nanti yakni supermoon dan blue moon.

Studi yang mencermati dampak bulan purnama bagi kesehatan cukup beragam. Salah satunya adalah dampak purnama terhadap kebiasaan tidur seseorang. Disebutkan bahwa pada saat bulan purnama, seseorang akan lebih sulit untuk tertidur lelap.

Baca juga: Fenomena Super Blue Blood Moon, Dampaknya Bagi Kesehatan

Christian Cajochen dari Centre for Chronobiology, University of Basel, Belgia, menyebut keluhan soal susah tidur saat bulan purnama berhubungan dengan sejarah evolusi manusia. Dahulu saat manusia masih hidup secara nomaden, cahaya bulan purnama bisa saja terlalu terang dan membuat susah tidur.

Namun saat manusia sudah memasuki peradaban modern dan tidur di rumah beratap,anggapan ini masih berlanjut. Untuk membuktikannya, Cajochen dan rekan-rekannya pun melakukan penelitian kepada 33 partisipan.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis gelombang otak para partisipan saat tidur, kadar melatonin, hingga waktu yang dibutuhkan partisipan untuk bisa tertidur dan berapa lama tidur berlangsung.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Biology menyebut bahwa pada saat bulan purnama, seseorang butuh waktu lima menit lebih lama daripada biasanya untuk tertidur. Selain itu, jumlah waktu yang dihabiskan untuk tidur pun berkurang kurang lebih 20 menit.

Pemeriksaan data menunjukkan hal ini terjadi karena kurangnya kadar melatonin. Pada saat bulan purnama, kadar melatonin di otak bisa berkurang hingga 30 persen.

Sayangnya, penelitian ini dilakukan dalam skala kecil. Ke depannya, diharapkan ada penelitian serupa yang bisa menjelaskan mengapa kadar melatonin bisa turun saat ada bulan purnama.

Baca juga: Foto: Indahnya Olahraga Yoga di Bawah Cahaya Terang Supermoon

(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit