detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Solusi Agar Istri Mau Berhubungan Seks Meski Sudah Menopause

Rabu, 31/01/2018 18:15 WIB
Solusi Agar Istri Mau Berhubungan Seks Meski Sudah MenopauseSolusi agar istri mau berhubungan seks meski sudah menopause/Foto ilustrasi: Thinkstock
Saya usia 63 tahun, istri saya 61 tahun, kami menikah sudah 40 tahun. Istri menopause sejak kira-kira usia 50 tahun. Saat ini saya masih ingin melakukan kegiatan seks seminggu 1 kali, namun istri saya agak keberatan atau artinya sudah kurang minat untuk seks. Ketika saya berusaha merangsang, dia selalu menolak dengan mengatakan perih. Kenapa begitu ya Dokter? Mohon saran Dokter, terima kasih.

W (Laki-laki, 63 tahun)

Jawaban

Dari uraian Anda, dapat disimpulkan bahwa istri Anda sudah menopause total karena sudah menopause 11 tahun. Sudah lazim, minat untuk hubungan seksual berkurang, bahkan lenyap sama sekali.

Penampilan fisik istri yang menurut Anda masih menarik dan seksi, petunjuk hormon-hormon reproduktifnya (Estrogen, Progesteron) relatif masih cukup kadarnya. Coba picu dengan mengajaknya exercise fisik ringan secara reguler, misalnya renang, jalan kaki, bersepeda, senam .

Sesekali ajaklah istri melihat gambar atau video yang sensual untuk merangsang pusat seksual di otaknya. Dengan demikian, diharapkan gairah dan minatnya terhadap hubungan intim akan terpicu kembali.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.


(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit