detikhealth

Psst! 5 Makanan yang Buat Kamu Cepat Mengantuk

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Sabtu, 03/02/2018 20:05 WIB
Psst! 5 Makanan yang Buat Kamu Cepat MengantukSulit untuk tidur malam ini? Tak perlu khawatir, konsumsi makanan berikut sebelum waktu tidurmu untuk membantu kamu terlelap lebih mudah. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Sering sulit untuk memejamkan mata di malam hari? Tak perlu khawatir dan buru-buru konsumsi obat, konsumsi makanan alami berikut ini ternyata bisa membantu kamu untuk tidur lebih cepat lho.

Dikutip dari Eating Well, Sabtu (3/2/2018), berikut ini adalah daftar makanan yang bisa membuatmu dilanda rasa kantuk usai memakannya. Semoga malam ini tidak terjaga sampai terlalu larut ya.

Baca juga: 6 Penyebab Anda Susah Tidur Setiap Malam

Ikan gorengIkan goreng Foto: detikFood

1. Ikan

Kebanyakan ikan, seperti salmon dan tuna, adalah sumber vitamin B6 yang baik. Seperti dipublikasikan oleh Annals of the New York Academy of SciencesVitamin ini dibutuhkan untuk memproduksi melatonin atau hormon yang membuat kamu mengantuk.

sayuransayuran Foto: iStock


2. Sayur-sayuran

Sebuah penelitian menemukan bahwa defisiensi kalsium dapat membuatmu sulit untuk tertidur. Memang sih produk susu adalah makanan yang dikenal sebagai sumber kalsium terbaik, akan tetapi sayuran seperti kale juga punya kandungan yang sama kok.

PisangPisang Foto: Ari Saputra


3. Pisang

Buah yang satu ini tinggi potasium dan merupakan sumber vitamin B6 yang baik juga. Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makan pisang berarti membantu produksi melatonin. Oh iya, untuk lebih optimal, matikan lampu saat ingin tidur karena gelap dapat memancing melatonin juga.

Baca juga: 7 Asupan yang Membuat Anda Sulit Tidur

Buah KiwiBuah Kiwi Foto: iStock


4. Kiwi

Menjadikan kiwi sebagai makanan ringan menjelang tidur akan membantumu cepat mengantuk menurut laporan Universitas Medis Taipei di Taiwan. Kiwi sarat dengan vitamin C dan E, serotonin, folat, yang semuanya juga dapat memberikan efek yang sama.

Kacang kedelaiKacang kedelai Foto: Rachman Haryanto


5. Makanan mengandung kedelai

Makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu, tempe, miso, atau edamame kaya isoflavon yang merupakan komponen yang bisa meningkatkan jumlah serotonin (senyawa otak yang mempengaruhi jam tubuh). Orang dewasa yang makan dua atau lebih porsi dari kedelai setiap harinya akan tidur lebih lama dan memiliki kualitas tidur terbaik, menurut Nutrition Journal tahun 2015.


(ask/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit