detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Konsultasi Seksologi

Tak Bisa Tahan Lama Saat Bercinta, Apakah Ejakulasi Dini?

Selasa, 06/02/2018 18:16 WIB
Tak Bisa Tahan Lama Saat Bercinta, Apakah Ejakulasi Dini?Istri selalu mengeluh tidak puas karena sperma cepat keluar, ditambah penis langsung loyo. Apakah ini tanda-tanda ejakulasi dini? Foto: thinkstock
Selamat siang dokter, saya mempunyai masalah mengenai hubungan seks, setiap melakukan seks sama istri, istri merasakan tidak puas, karena sperma saya cepat keluar dan penis langsung loyo. Bagaimana agar penis saya tahan lama saat bercinta dengan istri hingga dapat memuaskannya?

Iman (Pria, 37 tahun)

Jawaban

Dari keluhan Anda, agaknya Anda mengalami Ejakulasi Dini (ED). ED terdiri atas:

#ED berat, Mr P belum sampai menyentuh bibir Ms V, ejakulasi sudah timbul, penis langsung layu; #ED menengah, penis saat baru saja menyentuh vagina, ejakulasi terjadi, penis langsung terkulai.

#ED ringan, saat penis penetrasi ke dalam vagina, baru saja beberapa kali gerakan maju-mundur, ejakulasi terjadi disertai lunglainya penis.

Agaknya, Anda mengalami ED ringan. Bila ED ini terjadi sejak awal pernikahan, agaknya Anda perlu bersama istri memperbaiki teknik bercinta: latihan foreplay, dengan meraba, menyentuh zona-zona erotik tubuh masing-masing, TANPA penetrasi penis ke dalam vagina. Setelah terbiasa dan adaptasi dengan hubungan sex tanpa penetrasi penis, barulah mencoba dengan merangsang isteri pada zona erotik yang paling peka.

Penetrasi penis boleh dilakukan, setelah isteri memberi "sinyal", bahwa ia akan segera orgasme. Diharapkan cara ini minimal istri bisa lebih awal orgasme atau hampir berbarengan dengan Anda.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit