detikhealth

Menkes Imbau untuk Tetap Jaga Kebersihan di Tempat Pengungsian Banjir

Widiya Wiyanti - detikHealth
Rabu, 07/02/2018 15:15 WIB
Menkes Imbau untuk Tetap Jaga Kebersihan di Tempat Pengungsian BanjirMenkes mengimbau untuk menjaga kebersihan tempat pengungsian banjir agar terhindar dari penyakit. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta, Banjir tengah melanda di beberapa wilayah Ibu Kota Jakarta yang memaksa beberapa warga untuk mengungsi. Bersamaan dengan banjir bisa saja datang masalah yang mengganggu kesehatan.

Karena bencana banjir ini rentan mendatangkan masalah kesehatan seperti ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), diare, demam, dan flu, maka penting juga untuk menjaga kebersihan di tempat pengungsian.

Hal itu disampaikan juga oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. Menkes nilai mengimbau untuk menghindari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

"Kalau menurut saya di dalam pengungsian pun kita harus jaga," tegasnya saat ditemui di Gedung Prof Sujudi Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2018).

Baca juga: Menkes Waspadai Kencing Tikus Mencemari Air Banjir

Jika kebersihan tempat pengungsian tidak dijaga, maka bisa saja malah timbul penyakit-penyakit baru, contohnya leptospirosis. Yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini, seperti tikus.

Penyakit ini pun dikhawatirkan oleh Menkes Nila bisa menjangkiti para pengungsi. Karena kesehatan itu ditunjang juga oleh lingkungan dan perilaku.

"Kesehatan itu di hilir ya, jadi kalau teori Bloom 40 persen karena lingkungan, kesehatan back up-nya cuma 20 persen, termasuk perilaku juga memegang peranan," pungkasnya.

Baca juga: Gatal-gatal Serta Batuk Pilek Menyerang Pengungsi Banjir di Rawajati Jaksel(wdw/wdw)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit