detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Hanya Bisa Orgasme Lewat Seks Oral karena Nyeri Saat Penetrasi

Rabu, 07/02/2018 18:40 WIB
Hanya Bisa Orgasme Lewat Seks Oral karena Nyeri Saat PenetrasiHanya bisa orgasme lewat seks oral. Foto: ilustrasi/thinkstock
Dokter, saya perempuan 32 tahun, sudah menikah selama 3 tahun dan telah memiliki 1 orang putri. Saya ingin bertanya pada dokter apakah orgasme itu hanya akan terjadi ketika penetrasi organ intim suami di dalam organ intim istri?

Karena saya merasakan kenikmatan hanya ketika suami melakukan oral di bagian luar organ intim saya, namun ketika suami melakukan penetrasi, yang saya rasakan hanya sakit dan perih saja. Apakah itu artinya saya belum merasakan orgasme yang sesungguhnya?

Setahu saya rasa sakit saat penetrasi itu wajar terjadi di awal-awal pernikahan. Namun sampai saat ini saya masih merasakan sakit. Apakah ini ada kaitannya dengan sebuah penyakit? Terima kasih Dokter.

E (Perempuan, 32 tahun)

Jawaban

Puncak kenikmatan hubungan seksual yang dikenal sebagai orgasme, tidak mesti dicapai dengan penetrasi Mr. P ke dalam Ms. V. Hal ini bergantung pada perilaku seksual dan zona erotik masing-masing pasangan. Misalnya, Anda cenderung pada perilaku seksual yang dikenal sebagai "Cunnilingus", seks oral pada vagina yang dilakukan suami. Agaknya, zona erotik yang paling peka terletak pada vagina Anda.

Akan tetapi, karena nyeri pada vagina dialami oleh Anda sejak awal pernikahan, perlu dicari penyebabnya. Apakah karena foreplay yang dilakukan suami sejak awal pernikahan terlampau singkat, hingga tidak bisa merangsang lubrikasi (pelendiran) vagina Anda secara optimal; atau karena ada kelainan pada rongga vagina Anda.

Disarankan agar Anda melalui klinik kebidanan, melakukan papsmear (pemeriksaan mikroskopis lendir vagina) untuk mengetahui adakah kelainan pada vagina Anda, misalnya peradangan, infeksi atau kista.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit