detikhealth

Kandungan di Sayur Asparagus Bisa Bantu Penyebaran Kanker Payudara

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 09/02/2018 07:20 WIB
Kandungan di Sayur Asparagus Bisa Bantu Penyebaran Kanker PayudaraMeski kandungannya diduga dapat membantu kanker payudara berkembang, bukan berarti kamu harus menjauhi asparagus. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Kanker pada dasarnya adalah sel dalam tubuh yang bermutasi menjadi ganas membelah diri tanpa kontrol. Untuk itu kanker butuh nutrisi memadai sehingga akhirnya bisa berkembang menyebar secara luas di dalam tubuh.

Terkait hal tersebut studi terbaru menemukan satu nutrisi yang tampaknya disukai oleh sel kanker yaitu asparagine. Dipublikasi dalam jurnal Nature peneliti dari Cancer Research UK Cambridge Institute melihat spesifiknya kanker payudara pada tikus dapat menyebar dengan lambat ketika sang hewan diberi makan diet rendah asparagine.

Asparagine sendiri adalah suatu zat asam amino yang banyak terdapat pada sayur asparagus.

Baca juga: Awas! Pada Wanita Sibuk, Risiko Kanker Payudara Kerap Terabaikan

Normalnya tikus dengan kanker payudara ganas akan mati dalam waktu beberapa minggu. Ketika dietnya diganti secara khusus rendah asparagine peneliti mendeskripsikan sel kanker jadi 'kesulitan' berkembang.

"Kami menemukan semakin banyak bukti bahwa kanker tertentu punya kesukaan tertentu dalam komponen diet kita," kata Profesor Greg Hannon.

"Di masa depan kita mungkin bisa memodifikasi diet pasien atau mengembangkan obat yang bisa mengubah bagaimana sel tumor ini mengakses nutrisi dengan harapan memperbaiki angka keberhasilan terapi," lanjutnya.

Lalu apakah berarti pasien kanker payudara harus menghindari asparagus? Jawabannya masih belum tentu karena studi masih dilakukan pada hewan dan normalnya asparagine sulit dihindari dalam diet sehari-hari.

Oleh karena itu peneliti ke depannya mungkin akan berusaha mengembangkan diet minuman khusus yang seimbang dalam nutrisi namun rendah asparagine.

Tahun lalu studi serupa juga dilakukan oleh para peneliti di Glasgow. Eksperimen menunjukkan pembatasan asam amino serine juga dapat memperlambat pertumbuhan kanker limfoma dan kanker usus.

Baca juga: 9 Faktor Risiko Kanker Payudara, Ada yang Anda Miliki?(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit