detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Urut Perut untuk Dekatkan Rahim, Bisa Bikin Cepat Hamil?

Jumat, 09/02/2018 18:10 WIB
Urut Perut untuk Dekatkan Rahim, Bisa Bikin Cepat Hamil?Foto: ilustrasi/thinkstock
Dok saya sudah menikah 2 tahun namun belum memiliki anak. Banyak keluarga menganjurkan urut untuk mendekatkan rahim. Apa itu bisa bikin cepat hamil dok? Minta saran agar saya cepat hamil dok?

Ros (Perempuan, 28 tahun)

Jawaban

Usia Anda relatif muda, 28 tahun, masih tergolong usia subur untuk memperoleh bayi mungil. Patut Anda dan suami pahami, terjadinya kehamilan ditentukan oleh kualitas sel jantan (Spermatozoa) suami dan kualitas sel telur (Ovum) Anda. Yang akan terjadi kehamilan bila hubungan intim dilakukan saat Anda dalam periode subur.

Urut (massage) perut masih diragukan manfaatnya untuk memicu kehamilan bila ada gangguan pada kualitas sel jantan suami dan sel betina Anda. Disarankan agar Anda berkonsultasi di klinik fertilitas di kota Anda. Minimal, dilakukan pemeriksaan sperma suami: jumlah, bentuk dan motilitas (gerakan) sel jantan suami. Juga kualitas sel telur Anda, serta kadar hormon (Estrogen, Progesteron) Anda.

Bila ada gangguan pada pemeriksaan awal tersebut, Anda dan suami tidak usah risau. Kemajuan ilmu dan teknologi kedokteran akan mengupayakan diperolehnya bayi sehat, mulai dengan terapi-hormon, inseminasi buatan sampai dengan bayi tabung.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit