detikhealth

Diet dengan Kurangi Porsi Makan Dianggap Tidak Efektif

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Senin, 12/02/2018 17:05 WIB
Diet dengan Kurangi Porsi Makan Dianggap Tidak EfektifFoto: Istimewa
Jakarta, Saat diet, Anda mungkin diam-diam keberatan dengan aturan untuk mengurangi porsi makan. Kalau begitu, Anda cocok dengan metode diet ala peneliti Penn State University, AS ini.

Peneliti melakukan penelitian terhadap 100-an wanita yang dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta datang ke lab sepekan sekali (dalam sebulan) untuk makan siang. Disini partisipan dilatih untuk mengendalikan porsi makan mereka.

"Ternyata kedua kelompok makan lebih banyak ketika di atas piring mereka juga tersaji makanan dalam volume besar," kata peneliti, Faris Zuraikat seperti dilaporkan Men's Health.

Bagi Zuraikat, temuan ini mengejutkan sebab kelompok tersebut seharusnya terlatih untuk makan lebih sedikit dari porsi biasanya. "Namun mereka tidak dapat menahan diri dari jumlah makanan yang tersaji di hadapan mereka. Jadi tidak ada perbedaan volume makanan yang signifikan di antara keduanya," lanjutnya.

Baca juga: Cara Mudah Tentukan Porsi Makan yang Sehat dengan Menggunakan Tangan

Kendati demikian, Zuraikat mencatat, partisipan yang dilatih menjaga porsinya mengonsumsi kalori lebih sedikit ketimbang kelompok pembandingnya. "Caranya dengan mengonsumsi lebih banyak makanan berkalori rendah dan sebaliknya lebih sedikit makanan berkalori tinggi," ungkapnya.

Studi-studi yang sudah ada sebelumnya menyebut bahwa mengonsumsi banyak makanan berkalori rendah dapat memicu penurunan berat badan.

Fakta ini menunjukkan bahwa pendekatan 'makan lebih banyak' lebih efektif dalam menurunkan berat badan ketimbang metode sebaliknya. "Lagipula sulit sekali membedakan porsi makan yang untuk diet dan tidak," timpal peneliti lain, Barbara Rolls, PhD, yang juga penulis buku The Ultimate Volumetrics Diet.

"Mereka yang makan lebih banyak makanan dengan kepadatan kalori yang rendah seperti sayuran yang kaya air dilaporkan juga tidak mudah lapar," lanjutnya.

Di sisi lain, rasa kenyang itu ternyata lebih didominasi oleh jumlah makanan yang dikonsumsi, bukan kalori yang masuk saja. "Jika Anda mengurangi asupan kalori dengan makan makanan yang jumlahnya memuaskan/mengenyangkan, Anda masih bisa kok menurunkan berat badan," tambah Zuraikat.

Ambil contoh jika ingin makan sandwich, pilih roti dari gandum utuh untuk memperbanyak seratnya, kemudian pilih potongan daging yang lebih lean dan ganti mayonaise dengan mustard.

Baca juga: Pejuang Diet? Ini 4 Trik untuk Kurangi Porsi Makan Siang Anda(lll/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit