detikhealth

Konsultasi Umum
dr Kevin William Hutomo

Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com

Konsultasi Umum

Nyeri di Dada dan Mengeluarkan Ingus Berbau Setiap Pagi

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Selasa, 13/02/2018 15:47 WIB
Nyeri di Dada dan Mengeluarkan Ingus Berbau Setiap PagiPada wanita, nyeri di daerah dada dapat muncul dari hal yang paling ringan seperti kram didaerah otot dada, atau adanya tumor jinak di daerah payudara. Foto: thinkstock
Jakarta, Assalamualaikum. Wr. Wb. Salam kenal, Dok. Saya perempuan berumur 24 tahun, sudah 6 bulan ini saya selalu merasakan di dada kiri (atas) saya sakit dan nyeri. Kemudian, setiap pagi hidung dan tenggorokan saya selalu mengeluarkan lendir kental seperti ingus dan biasanya sangat bau, Dok. Bahkan kadang, dari dalam mulut saya tiba-tiba mengeluarkan bau mulut seperti telur busuk Dok. Kira-kira itu berbahaya atau tidak ya, Dok? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Rahmawati (Wanita, 24 tahun)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Nyeri di daerah dada dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada wanita, nyeri di daerah dada dapat muncul dari hal yang paling ringan seperti kram didaerah otot dada, atau adanya tumor jinak di daerah payudara, ataupun penyakit jantung.

Saran saya Anda perlu mengkonsultasikan keluhan Anda kepada dokter di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, guna memastikan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan.

Lendir kental dan berbau di pagi hari paling sering muncul akibat alergi di saluran pernapasan atas atau infeksi di daerah sinus (sinusitis) dalam dunia kedokteran hal ini dinamakan post nasal drip. Bila mana lendir ini sudah berbau tidak sedap, kemungkinan Anda mengalami sinusitis kronis.

Periksakan keadaan Anda ke dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan guna mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut untuk keluhan yang Anda rasakan.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit