detikhealth

Waduh! Studi Sebut Makin Kaya Seseorang, Makin Singkat Hubungan Cintanya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Rabu, 14/02/2018 11:14 WIB
Waduh! Studi Sebut Makin Kaya Seseorang, Makin Singkat Hubungan CintanyaFoto: thinkstock
Jakarta, Kekayaan ternyata tidak menjamin langgengnya hubungan percintaan seseorang, seperti yang diungkap dari salah satu studi yang dipublikasikan di jurnal Evolution and Human Behaviour. Dilaporkan, kekayaan membuat kita lebih mungkin memiliki hubungan jangka pendek. Waduh!

Penelitian ini dijalankan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Andrew Thomas dari Universitas Swansea di Inggris dengan mensurvei 151 peserta pria dan wanita heteroseksual mengenai preferensi mereka untuk hubungan jangka panjang dan jangka pendek. Mereka kemudian diperlihatkan gambar 50 model dan diminta untuk menilai apakah mereka dan para model tersebut akan berada dalam hubungan jangka pendek, panjang, atau tidak sama sekali.

Setelah tim peneliti menerima jawaban mereka, para responden kemudian kembali ditampilkan gambar yang menunjukan sebuah kekayaan (misalnya, kendaraan mewah, rumah mewah, perhiasan dan uang) sehingga mereka merasa berasal dari lingkungan yang 'berada'. Responden pun diperbolehkan memilih kembali jenis hubungan seperti apa yang mereka inginkan sesudahnya.

Baca juga: Awas Jatuh Cinta Berubah Jadi Lovesick, Ini Cirinya

Uniknya, usai ditunjukan gambar barang mewah tersebut, responden yang memilih hubungan jangka pendek menjadi lebih banyak daripada sebelum melihat gambar-gambar tersebut. Tak tanggung-tanggung, kenaikannya berada mencapai 16 persen.

"Setelah peserta diberikan isyarat bahwa ia berada di lingkungan orang berada, mereka menjadi lebih cenderung memilih hubungan jangka pendek," ujar Dr Thomas seperti dikutip dari Body+Soul.

Peneliti pun menyimpulkan manusia telah berevolusi untuk membaca lingkungan dan menyesuaikan jenis hubungan yang mereka sukai. Sebagai contoh, dengan kekayaan yang melimpah, akan lebih mudah bagi seorang ibu membesarkan anak-anaknya tanpa bantuan dari suami.

Hmm, bagaimana pendapatmu mengenai hasil studi ini?

Baca juga: Pacaran Bikin Jerawatan? Ini Penjelasan Medisnya

(ask/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit