detikhealth

Artikel 18+

Pria Indonesia Tak Suka Lama-lama, Foreplay Tak Sampai 15 Menit

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 14/02/2018 18:07 WIB
Pria Indonesia Tak Suka Lama-lama, Foreplay Tak Sampai 15 MenitMenurut pakar kebiasaan foreplay memang belum jadi hal yang umum di Indonesia. (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Foreplay atau pemanasan sebelum bercinta penting dilakukan agar kualitas hubungan intim suami istri jadi lebih baik. Hanya saja di beberapa daerah di dunia, termasuk Indonesia, foreplay sepertinya belum jadi suatu hal yang umum.

Terungkap dalam survei yang dilakukan oleh salah satu produsen kondom dunia, rata-rata waktu yang dihabiskan pasangan Indonesia untuk foreplay sekitar 14,8 menit. Angka tersebut masih di bawah rata-rata dunia yang rata-ratanya sekitar 16,9 menit untuk foreplay.

Foreplay bisa bermacam-macam tidak hanya berciuman atau seks oral. Bisikan manja, pelukan hangat, memijat, atau hal-hal lain yang menunjukkan keintiman dari pasangan bisa disebut foreplay.

Menurut psikolog pakar seks Elizabeth Santosa bila foreplay ini kurang bisa jadi masalah menimbulkan pengalaman bercinta yang tidak mengenakkan. Ini karena pelumasan pada vagina istri belum maksimal sehingga bila dipaksa saat penetrasi ada risiko terjadi iritasi yang menyakitkan.

Kenapa para pria Indonesia tampaknya malas untuk foreplay? Jawabannya menurut Elizabeth sederhana karena tidak pernah terbiasa.

"Kissing, hugging, itu di kultur kita masih jadi hal yang tabu urusan di dalam kamar. Bukan sesuatu yang dilakukan di mall atau saat dinner time," kata Elizabeth dalam acara temu media Fiesta Flavalicious di Menara BTPN, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2018).

Baca juga: Ketika Foreplay Berlanjut Sampai Orgasme

Bahkan sejak masih anak-anak para pria Indonesia mungkin tidak pernah atau jarang melihat orang tuanya menunjukkan kemesraan. Padahal kemesraan sederhana sekalipun antara suami istri sudah termasuk dalam foreplay dan anak-anak bisa terbiasa dari melihat contoh dari orang tua.

"Kita belajar bukan dari sekolah tapi dari orang tua. Afeksi terhadap pasangan itu biasanya kita pelajari dari hubungan orang tua kita," kata Elizabeth.

"Jadi karena masalah kultur dan budaya kita tidak terlalu terbuka pada apa itu intimasi," pungkasnya.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Foreplay Terbaik Sebelum Bercinta di Malam Pertama?(fds/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit