Jumat, 27 Nov 2015 08:34 WIB

Ejakulasi Dini Berhubungan dengan Rasa Gelisah? Ini Kata Pakar

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Ejakulasi dini merupakan masalah yang menghantui pikiran pria ketika berhubungan seksual. Banyak teori yang menjelaskan penyebab ejakulasi dini, salah satunya adalah rasa gelisah atau deg-degan.

Michael Castleman, pakar psikologi seksual dari Amerika Serikat mengatakan secara sekilas, rasa gelisah memang seakan-akan berhubungan dengan ejakulasi dini. Padahal jika dilihat lebih dalam, tidak ada hubungannya.

"Rasa gelisah membuat seseorang merasa lebih bersemangat. Akibatnya, saraf-saraf pria menjadi lebih sensitif dan membuat mereka ejakulasi lebih cepat daripada yang mereka inginkan," ungkap Castleman.

Baca juga: Sperma Bisa Keluar Saat Pria Cemas dan Tegang? Ini Penjelasan Dokter

"Padahal tidak seperti itu. Orang yang mengalami ejakulasi dini tidak dihantui perasaan gelisah. Mereka merasakan stres yang akhirnya memengaruhi kemampuan mereka menahan ejakulasi," urai Castleman lagi, dikutip dari Psychology Today, Jumat (27/11/2015).

Stres yang disebut sebagai sex-specific stress ini umum terjadi pada pria muda yang belum memiliki pengalaman seksual. Pada saat akan melakukan hubungan intim, pikiran mereka dipenuhi oleh perasaan ragu dan takut.

Perasaan-perasaan ini akan muncul setiap kali ingin berhubungan seks. Castleman mengatakan ini yang menjadi penyebab utama seseorang mengalami ejakulasi dini secara berkelanjutan atau terus-menerus.

Meski begitu, bukan berarti ejakulasi dini tak bisa ditangani. Castleman mengatakan trik mengatasi ejakulasi dini ada dua. Yang pertama adalah menjaga pikiran tetap tenang saat akan berhubungan seks.

"Pria harus memperlambat ritme bercintanya. Tarik napas yang dalam, iringi dengan tertawa dan candaan, sambil sesekali melakukan pijatan kepada pasangan dan meminta pasangan melakukannya juga. Pijatan di area tubuh akan mengurangi tekanan di penis," urainya.

Posisi bercinta juga dikatakan Castleman sangat berpengaruh. Posisi missionary membuat pria yang harus bekerja lebih keras. Hal ini membuat pria akan lebih mudah ejakulasi.

"Coba minta pasangan untuk melakukan posisi woman on top. Posisi ini akan membuat pria lebih rileks dan bisa bertahan lebih lama," pungkasnya.

Baca juga: Dokter Italia Sebut Ejakulasi Dini Bukan Penyakit dan Tak Butuh Obat (mrs/vit)