Jumat, 22 Jul 2016 08:30 WIB

Morning Wood Bisa Jadi Tanda Sehatnya Organ Seksual Pria

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Morning wood atau ereksi pagi hari saat bangun tidur biasa dialami para pria. Ada yang takut karena hal ini terjadi hampir tiap hari, ada juga yang biasa-biasa saja. Lalu sebenarnya, apa makna dari ereksi di pagi hari tersebut?

dr Johanus W Sulistyo, SpU dari RS Siloam Kebon Jeruk, mengatakan ereksi di pagi hari saat bangun tidur merupakan hal yang lumrah bagi pria, terutama pria dewasa. Hal ini menandakan organ seksual pria masih dalam keadaan sehat dan tanpa masalah.

"Biasa saja, itu bagus malah (bisa ereksi di pagi hari) tandanya organ seksual tidak ada masalah. Bukan tanda atau gejala kalau hyperseks atau nafsu tinggi atau semacamnya, ha ha ha," ungkap pria yang akrab disapa dr Yongky tersebut kepada detikHealth, baru-baru ini.

Baca juga: Pria Alami Ereksi Pagi Hari karena Mimpi Erotis di Malam Harinya, Benarkah?

Dikatakan dr Yongky, pria yang masih memiliki hormon testosteron tinggi dan gairah seksual aktif biasanya memang akan mengalami ereksi di pagi hari saat bangun tidur. Hal ini terjadi karena penuhnya kandung kemih, ditambah dengan gesekan di penis yang terjadi saat tidur, membuat penis menjadi lebih sensitif.

Sama halnya dengan ereksi spontan yang dialami oleh pria saat beraktivitas. Menurut dr Yongky, hal ini normal karena pria berusia pertengahan 20 hingga 30 tahun masih memiliki hormon yang tinggi.

"Jadi kalau lihat daun tahu-tahu ereksi, itu bukan aneh. Mungkin nggak sengaja tersentuh area sekitar penisnya jadi terangsang. Atau saat lihat daun jatuh diasosiasikan dengan pengalaman sebelumnya yang merujuk pada imajinasi sensual, jadinya ereksi," tambah dr Yongky lagi.

Ereksi pagi atau yang dalam dunia medis disebut sebagai nocturnal penile tumescence (NPT) benar adanya sebagai hal yang wajar. Rata-rata pria mengalami tiga sampai lima kali ereksi sepanjang tidur malam, dengan durasi masing-masing sekitar 25-35 menit.

Seksolog dr Andri Wanananda, MS, dari Universitas Tarumanagara mengatakan tidak adanya ereksi spontan di pagi hari belum tentu impotensi. Menurut dr Andri, impotensi adalah istilah umum yang mencakup pengertian ejakulasi dini atau disfungsi ereksi.

Faktor lelah fisik dan stres dapat menghalangi terjadinya ereksi spontan pagi hari. Disfungsi ereksi terkait erat dengan masalah fisiologis atau psikologis.

"Ereksi pagi pada pria adalah petunjuk kebugaran seksual yang prima. Untuk itu cobalah lakukan latihan fisik secara teratur serta didukung oleh asupan gizi seimbang untuk mengembalikan 'morning erection' tersebut," ujarnya.

Baca juga: 5 Hal 'Memalukan' Saat Bercinta yang Sebetulnya Normal Terjadi (mrs/vit)
News Feed